UPAYA OPTIMALISASI PELAYANAN PRIMA STAF ACCOUNT OFFICER PADA NASABAH PT BPR DANA MANDIRI BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.32493/ipe.v1i1.9709Abstract
ABSTRAK
Semakin banyaknya persaingan dalam industri jasa khususnya di bidang perbankan maka memaksa setiap bank untuk memberikan pelayanan yang terbaik guna menarik calon nasabahnya, sehingga bank mampu mendapatkan kepuasan dari nasabah. Mempertahankan semua pelanggan yang ada pada umumnya akan lebih menguntungkan dibandingkan dengan penggatian pelanggan, karena biaya untuk menarik pelanggan baru bisa lima kali lipat dari biaya mempertahankan seorang pelanggan yang sudah ada. Penelitian ini bertujuan mengetahui upaya yang dilakukan oleh pihak BPR Dana Mandiri Bogor khususnya staf account officer dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan atau customernya. Penelitian ini menggunakan metode pengamatan atau observasi yaitu dengan melihat dan mengikuti langsung kegiatan yang yang dilakukan oleh staff account ketika melayani pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa staf account officer dituntut untuk memberikan pelayanan yang maksimal terhadap nasabah, agar pelayanan yang diberikan berkualitas maka setiap karyawan harus dibekali dasar-dasar pelayanan.
Kata Kunci: Pelayanan Prima, Account Officer
EFFORTS TO OPTIMIZE PRIMA ACCOUNT OFFICER STAFF SERVICES AT PT BPR DANA MANDIRI BOGOR CUSTOMERS
ABSTRACT
The increasing competition in the service industry, especially in the banking sector, forces each bank to provide the best service in order to attract prospective customers, so that banks are able to get customer satisfaction. Retaining all existing customers is generally more profitable than customer replacement, because the cost of attracting new customers can be five times the cost of retaining an existing customer. This study aims to determine the efforts made by the BPR Dana Mandiri Bogor, especially the account officer staff in providing services to customers or customers. This study uses the method of observation or observation, namely by seeing and following directly the activities carried out by account staff when serving customers. The results showed that the account officer staff is required to provide maximum service to customers, so that the services provided are of good quality, every employee must be provided with the basics of service.
Keywords: The Role of Secretary, Phone Handling