Stereotip Gender pada Cerpen “Suatu Hari dalam Kehidupan Warga Depok yang Pergi ke Jakarta” Karya Yusi Avianto Pareanom

Authors

  • Yunita Universitas Pamulang
  • I Aeni Universitas Pamulang

Abstract

Dalam kumpulan cerpen “Cerita-cerita Jakarta” terdapat satu cerpen karya Yusi Avianto Pareanom yang berjudul “Suatu Hari dalam Kehidupan Warga Depok yang Pergi ke Jakarta” menceritakan tentang kehidupana tokoh kesayangan kita. Dalam cerpen ini terdapat penggalan-penggalan perjuangan perempuan dan pandangan stereotip mengenai gender yang dapat dikaji dalam kajian feminism dan stereotip gender. Dalam pengimplementasian di kehidupan sehari-hari, fenomena ini menyatakan bahwa perempuan memiliki hak dan kemampuan yang hampir setara dengan laki-laki. Terdapat pula pandangan-pandangan pelabelan atau stereotip terhadap perempuan sebagai pemicu ketidakadilan. Berdasarkan dari hal inilah yang menyebabkan munculnya teori feminisme dan stereotip karena perempuan di dalam cerpen ini banyak diposisikan sebagai sebagai objek yaitu korban. Bukan hanya citra perempuan, namun pengarang juga menampilkan amanat yang terkandung di dalamnya sehingga pembaca dapat mengambil hikmah dan pesan moral. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi yang berbentuk studi kepustakaan (library research). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak satu kali dengan membaca cerpen secara menyeluruh dan penuh ketelitian. Data yang dikumpulkan berupa kutipan kata-kata dan kalimat yang terdapat di dalam cerpen “Suatu Hari dalam Kehidupan Warga Depok yang Pergi ke Jakarta” karya Yusi Avianto Pareanom. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat beberapa poin dari fenomena ketidaksetaraan gender yang ada dalam cerpen ini.

Kata kunci: feminisme, stereotip, cerpen

References

Handono, Suryo. Shintya dan Desi Ari Pressanti. (2014). Gaya Pengarang dan Citra Perempuan dalam Sastra. Balai Bahasa Jateng, Semarang.

Maesyang, Teddy W. Kusuma. (2021). Cerita-Cerita Jakarta. The Book of Jakarta: A City in Short Fiction. Post Press, Jakarta.

Maesyang, Teddy W. Kusuma. (2021). Cerita-Cerita Jakarta. Cerita-Cerita Jakarta karya Yusi Avianto Pareanom. Jakarta: Post Press

Moleong, Lexy J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Murhadi, Hasanudin. (2021). Rahmani. Jakarta: Jakarta Press

Suharto, Sugihastuti. (2016). Kritik Sastra Feminis: Teori & Aplikasi, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Suyanto. (2010). “Faktor Sosial dan Penyebab Stereotip Perempuan dalam Bahasa Indonesia dalam Ranah Rumah Tangga”. Vol. 34 No. 1, Jurnal Kajian Sastra.

Downloads

Published

2024-07-07