EFEKTIVTAS MODEL KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR PROBLEM BASED LEARING PADA MATA KULIAH TEORI MAKRO EKONOMI
DOI:
https://doi.org/10.32493/pekobis.v4i2.P48-56.3950Keywords:
efektivitas PBL, teori ekonomi makroAbstract
Kegiatan belajar merupakan salah satu kegiatan wajib yang ada setiap Universitas. Di lingkungan Universitas di berbagai negara quality teaching and learning menjadi fokus utama. Orang berusaha memberi inovasi berbagai pendekatan belajar mengajar yang efektif dikaitkan sesuai dengan keperluan proses kegiatan belajar mengajar dan harapan wali murid. Peningkatkan kualiatas serta hubungan kegiatan belajar dan mengajar di Universitas, khususnya pada jenjang strata program studi S1 di indonesia. Berbagai macam jenis metode kegiatan belajar mengajar Problem Based Learning (PBL) menjadi pilihan yang akan diterapkan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Adapun tujuan dalam penelitan ini adalah sebagai berikut untuk mengetahui Efektivtas Model Kegiatan belajar mengajar PBL Pada Mata Kuliah Teori Makro Ekonomi. Penelitian eksperimen dengan menggunakan metode kelas ekperimen dan kelas kontrol, dimana kelas eksperimen menggunakan metode PBL dan kelas kotrol memakai metode ceramah dan diskusi. Analisis data Uji efektivitas pada penelitian ini iyalah dengan tahap analisis data nilai hasil tes kognitif mahasiswa dengan menggunakan T-test Dua Sampel Independen. Hasil penelitian nilai sig uji t memberikan hasil H1 tidak ditolak. Dari pernyataan tersebut terdapat tidak ada persamaan rata-rata nilai tes hasil belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas control sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa Model Kegiatan belajar mengajar PBL efektiv diterapkan Pada Mata Kuliah Teori Makro Ekonomi.
References
Arikunto, Suharsimi. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
-----------. (2008). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta: BumiAksara.
-----------. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arifin, Zainal. (2012). Penelitian Pendidikan (Metode dan Paradigma Baru). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arsyad, Azhar. (2011). Media Kegiatan belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Budiningsih, C. Asri. (2005). Belajar dan kegiatan belajar mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Gulo, W. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Grasindo.
Hamalik, Oemar. (2004). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Bumi Aksara.
-----------, Oemar. (2009). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta; PT. Bumi Aksara.
Huda, Miftahul. (2013). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ibrahim, M dan Nur. (2000). Kegiatan belajar mengajar Berdasarkan Masalah. Surabaya: Unesa University Perss.
Jihad, Asep dan Abdul Haris. (2012). Evaluasi Kegiatan belajar mengajar. Yogyakarta: Multi Presssindo.
Johnson, B. (2019). Contextual Teaching and Learning. Bandung: MLC.
Mudjaharjo, Radja. (2008). Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Raharjdo, Muljo. (2012). Model Kegiatan belajar mengajar Inovatif. Yogyakarta: PT. Gava Media.
Riduwan. (2014). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sagala, Syaiful. (2010). Konsep dan makna kegiatan belajar mengajar. Bandung Alfabeta.
Sardiman. (2004). Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Siregar, Veline dan Hartini Nara. (2010). Teori Belajar dan Kegiatan belajar mengajar. Bogor: Ghalia Indonesia
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.
Slavin, E Robert. (2008). Psikologi Pendidikan. Teori Dan Praktek. Jakarta : PT Macanan Jaya Cemerlang.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R &D. Bandung: Penerpit Alfabeta.
Sugiyanto. (2009). Model-Model Kegiatan belajar mengajar Inovatif. Surakarata: FKIP UNS.
Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
-----------. (2002). Metoda Statistika. Tarsito. Bandung: Insan Madani.
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.
Suparman, Atwi. (1993). Desain Instruktional. Jakarta: Rineka Cipta.
Suprijono, Agus. (2012). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sutikno, Sobry. (2014). Metode dan Model-model Kegiatan belajar mengajar. Lombok: Holistica
Suyono dan Hariyanto. (2011). Belajar dan Kegiatan belajar mengajar: Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tjipto, Utomo. (1991). Peningkatan dan Pengembangan Pendidikan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Trianto. (2009). Mendesain Model Kegiatan belajar mengajar Inovatif-progesif. Jakarta: Kencana Prenada Group.
Trihendradi, C. (2012). Step by Step SPSS 20 (Analisis Data Statistik).Yogyakarta: C.V Andi Offset.