EFEKTIVTAS MODEL KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR PROBLEM BASED LEARING PADA MATA KULIAH TEORI MAKRO EKONOMI

Authors

  • SULISTIYANI SULISTIYANI Pamulang University
  • ADITYA PRATAMA Pamulang University
  • IRAWAN WISNU KUNCORO Pamulang University

DOI:

https://doi.org/10.32493/pekobis.v4i2.P48-56.3950

Keywords:

efektivitas PBL, teori ekonomi makro

Abstract

Kegiatan belajar merupakan salah satu kegiatan wajib yang ada setiap Universitas. Di lingkungan Universitas di berbagai negara quality teaching and learning menjadi fokus utama. Orang berusaha memberi inovasi berbagai pendekatan belajar mengajar  yang efektif dikaitkan sesuai dengan keperluan proses kegiatan belajar mengajar dan harapan wali murid. Peningkatkan kualiatas serta hubungan kegiatan belajar dan mengajar di Universitas, khususnya pada jenjang strata program studi S1 di indonesia. Berbagai macam jenis metode kegiatan belajar mengajar Problem Based Learning (PBL) menjadi pilihan yang akan diterapkan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Adapun tujuan dalam penelitan ini adalah sebagai berikut untuk mengetahui Efektivtas  Model  Kegiatan belajar mengajar  PBL Pada Mata Kuliah  Teori Makro Ekonomi. Penelitian eksperimen dengan menggunakan metode  kelas ekperimen dan kelas kontrol, dimana kelas eksperimen menggunakan metode PBL dan kelas kotrol memakai metode ceramah dan diskusi. Analisis data Uji efektivitas pada penelitian ini iyalah dengan tahap analisis data nilai hasil tes kognitif mahasiswa dengan menggunakan  T-test Dua Sampel Independen. Hasil penelitian nilai sig uji t memberikan hasil H1 tidak ditolak. Dari pernyataan tersebut terdapat tidak ada persamaan rata-rata nilai tes hasil belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas control sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa Model  Kegiatan belajar mengajar  PBL efektiv diterapkan  Pada Mata Kuliah  Teori Makro Ekonomi.

References

Arikunto, Suharsimi. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

-----------. (2008). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta: BumiAksara.

-----------. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arifin, Zainal. (2012). Penelitian Pendidikan (Metode dan Paradigma Baru). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arsyad, Azhar. (2011). Media Kegiatan belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Budiningsih, C. Asri. (2005). Belajar dan kegiatan belajar mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Gulo, W. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Grasindo.

Hamalik, Oemar. (2004). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

-----------, Oemar. (2009). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta; PT. Bumi Aksara.

Huda, Miftahul. (2013). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ibrahim, M dan Nur. (2000). Kegiatan belajar mengajar Berdasarkan Masalah. Surabaya: Unesa University Perss.

Jihad, Asep dan Abdul Haris. (2012). Evaluasi Kegiatan belajar mengajar. Yogyakarta: Multi Presssindo.

Johnson, B. (2019). Contextual Teaching and Learning. Bandung: MLC.

Mudjaharjo, Radja. (2008). Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Raharjdo, Muljo. (2012). Model Kegiatan belajar mengajar Inovatif. Yogyakarta: PT. Gava Media.

Riduwan. (2014). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sagala, Syaiful. (2010). Konsep dan makna kegiatan belajar mengajar. Bandung Alfabeta.

Sardiman. (2004). Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Siregar, Veline dan Hartini Nara. (2010). Teori Belajar dan Kegiatan belajar mengajar. Bogor: Ghalia Indonesia

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Slavin, E Robert. (2008). Psikologi Pendidikan. Teori Dan Praktek. Jakarta : PT Macanan Jaya Cemerlang.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R &D. Bandung: Penerpit Alfabeta.

Sugiyanto. (2009). Model-Model Kegiatan belajar mengajar Inovatif. Surakarata: FKIP UNS.

Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

-----------. (2002). Metoda Statistika. Tarsito. Bandung: Insan Madani.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Suparman, Atwi. (1993). Desain Instruktional. Jakarta: Rineka Cipta.

Suprijono, Agus. (2012). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sutikno, Sobry. (2014). Metode dan Model-model Kegiatan belajar mengajar. Lombok: Holistica

Suyono dan Hariyanto. (2011). Belajar dan Kegiatan belajar mengajar: Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tjipto, Utomo. (1991). Peningkatan dan Pengembangan Pendidikan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Trianto. (2009). Mendesain Model Kegiatan belajar mengajar Inovatif-progesif. Jakarta: Kencana Prenada Group.

Trihendradi, C. (2012). Step by Step SPSS 20 (Analisis Data Statistik).Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Downloads

Published

2020-01-05

How to Cite

SULISTIYANI, S., PRATAMA, A., & KUNCORO, I. W. (2020). EFEKTIVTAS MODEL KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR PROBLEM BASED LEARING PADA MATA KULIAH TEORI MAKRO EKONOMI. Pekobis : Jurnal Pendidikan, Ekonomi, Dan Bisnis, 4(2), 48–56. https://doi.org/10.32493/pekobis.v4i2.P48-56.3950

Issue

Section

Articles