Penyuluhan Motivasi Berinovasi Bagi Guru Pada - SMK BISTEK Gunungsindur Bogor

Authors

  • Edi Mulyanto Universitas Pamulang
  • Jumino Jumino Universitas Pamulang
  • Tutug Srijatmiko Universitas Pamulang

Abstract

Berdasarkan   hasil  observasi  yang   kami  lakukan sebelumnya di   SMK  BISTEK   yang beralamat di  : Jl. Pahlawan RT 003 /RW 001, Gunungsindur -   Bogor, ditemukan adanya beberapa fenomena dari para Guru yang berada di SMK tersebut memerlukan motivasi dan berinovasi dalam pembelajaran  untuk meningkatkan performance diri para Guru dan juga instansi yang saat ini mereka mengabdi, yaitu SMK BISTEK  Gunngsindur – Bogor. Pendidikan kita dewasa ini menghadapi berbagai tantangan dan persoalan diantaranya:        1) bertambahnya jumlah penduduk yang sangat cepat dan sekaligus bertambahnya keinginan masyarakat untuk mendapatkan pendidikan, yang secara komulatif menuntut tersedianya sarana pendidikan yang memadai; 2) berkembangnya ilmu pengetahuan yang modern menghadapi dasar-dasar pendidikan yang kokoh dan penguasaan kemampuan yang terus-menerus dan dengan demikian menuntut pendidikan yang lebih lama sesuai dengan konsep pendidikan seumur hidup; 3) berkembangnya teknologi yang mempermudah manusia dalam menguasai dan memanfaatkan alam dan lingkungannya, tetapi yang sering kali ditangani sebagai suatu ancaman tergahadap kelestarian peranan manusiawi. Keseluruhan tantangan dan persoalan tersebut memerlukan pemikiran kembali yang mendalam dan pendekatan baru yang progresif. Pendekatan ini harus selalu didahului dengan penjelajahan yang mendahului percobaan, dan tidak boleh semata-mata coba-coba. Gagasan baru sebagai hasil pemikiran kembali haruslah mampu memecahkan persoalan yang tidak terpecahkan hanya dengan cara yang tradisional atau komersial. Gagasan dan pendekatan baru yang memenuhi ketentuan inilah yang dinamanakan inovasi pendidikan. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya menyangkut teori pembelajaran telah banyak mendorong dan mengilhami terhadap inovasi di bidang model-model pembelajaran. Pergeseran dari isitilah mengajar, belajar, proses belajar mengajar kepada pembelajaran semestinya tidak hanya dilihat dari sekedar perubahan, akan tetapi mendalam dan harus dipahami landasan filosofi dan pergeseran paradigma yang terkandung di dalamnya serta diikuti oleh langkah nyata untuk berubah dengan segala konsekuensinya, oleh karena  Pengabdian Kepada Masyarakat  pada kesempatan ini  difokuskan pada : Penyuluhan Motivasi Berinovasi Bagi Guru Pada SMK BISTEK Gunung Sindur – Bogor.

Kata Kuncinya :   Motivasi, Berinovasi , Teknologi

References

Aggarwal, M., & Gupta, M. (2014). Awareness of Financial Literacy Among College Students. Journal of Management Science and Technology

Achmad, Nur dan Saputro, Edy Purwo. 2015. Isu Riset Kewirausahaan. Jakarta: Direktorat Penelitian Pengabdian Masyarakat Dirjen Dikti.

Amstrong, Michael. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Terjemahan PT.Elex Media Komputindo: Jakarta.

Bacal, Robert. 2001. Performance Management (Terjemahan Surya Darma dan Yanuar Irawan). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Boyd, Ronald T. C. 1989. Improving Teacher Evaluations; Practical Assessment, Research & Evaluation. ERIC Digest.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Randupandojo dan Suad Husnan. 2006. Perilaku Organisasi: Konsep Dasar dan Aplikasinya. Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Roger M. & Shoemaker F. Floyd. 1971. Communication of Innovation. New York: The Free Press a Division of Macmillan Publishing Co.Inc.

Sa’ud, Udin Saefudin. 2008. Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Seeker, Karen R. dan Joe B. Wilson. 2000. Planning Succesful Employee Performance (Terjemahan Ramelan). Jakarta: PPM.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Downloads

Published

2023-01-28