Konsep Keterbaruan Desain Alat Uji Berat Kereta Portabel

Authors

  • Wahyu Sulistiyo Balai Besar Teknologi Kekuatan Struktur – BPPT
  • Mustasyar Perkasa Balai Besar Teknologi Kekuatan Struktur – BPPT dan Program Studi Teknik Mesin, Universitas Pamulang
  • Yudi Irawadi Balai Besar Teknologi Kekuatan Struktur BPPT
  • Barkah Fitriyana Balai Besar Teknologi Kekuatan Struktur – BPPT
  • Danardono Agus Sumarsono Departemen Teknik Mesin, Universitas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/pjte.v2i2.3609

Keywords:

pengujian berat kereta, alat uji berat kereta portable, load cell

Abstract

Uji Berat pada kereta atau gerbong dilakukan dengan cara  menghitung total berat Kereta dan menghitung distribusi berat pada masing-masing  roda dengan cara menimbang beban yang diterima pada setiap roda [1-3]. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat konsep desain dan simulasi alat uji berat kereta portabel yang dapat di gunakan untuk mengukur berat kereta di sepanjang jalan rel secara real time dan akurat. Tujuan pengukuran berat kereta adalah untuk memastikan berat kereta terdistribusi secara merata pada tiap roda kereta dan memastikan agar muatan kereta tidak overload disesuaikan dengan kemampuan jalan rel. Yang menjadi input faktor dalam penelitian ini adalah load atau beban, type meshing, material dan model dari load cell dan dudukan load cell. Proses penelitian yang di lakukan berupa desain dan simulasi dari bentuk load cell dan bentuk dudukan load cell. Output faktor dari penelitian ini adalah kekuatan struktur dari load cell dan kekuatan struktur dari dudukan load cell. Nilai tegangan ijin untuk baja ASTM A36 sebesar 160 MPa. Nilai tegangan ijin untuk baja SM 490 sebesar 230, dan nilai tegangan ijin untuk baja ASSAB 718 sebesar 574. Nilai tegangan maksimum material yang masih di bawah nilai tegangan ijinnya adalah material Assab 718. Sehingga material ini di pilih sebagai material load cell dan dudukan load cell.

References

Perhubungan, K., PM No 13, Standar, Tata Cara Pengujian dan Sertifikasi Kelaikan Kereta dengan Penggerak Sendiri. 2011.

Perhubungan, K., PM No 15, Standar, Tata Cara Pengujian Dan Sertifikasi Kelaikan Kereta Yang ditarik Lokomotif. 2011.

Perhubungan, K., PM No 17, Standar, Tata Cara Pengujian Dan Sertifikasi Kelaikan Gerbong. 2011.

Farag, M.M., Materials and process selection for engineering design. 2007: CRC Press.

Railways, I.U.o., Passenger Rolling Stock, Bogie Frame Structure Strength Tests. 1993.

Khurmi, R., Gupta, JK: A Text Book Of Machine Design. 1982, Eurasia Publishing House, Ram Nagar, New Delhi.

Zakaria, Y.J.U.S.B., Analyzing a bogie frame behavior by using the experimental method and Ansys simulations. p. 149-164.

Preumont, A., Vibration control of active structures an introduction. Vol. 246. 2018: Springer.

Juvinall, R.C., Fundamentals of machine component design. 2007.

ŽnidariÄ, A., et al., Railway Bridge Weigh-in-Motion System. Transportation Research Procedia, 2016. 14: p. 4010-4019.

Downloads

Published

2019-12-11

How to Cite

Sulistiyo, W., Perkasa, M., Irawadi, Y., Fitriyana, B., & Sumarsono, D. A. (2019). Konsep Keterbaruan Desain Alat Uji Berat Kereta Portabel. Piston: Journal of Technical Engineering, 2(2), 16–23. https://doi.org/10.32493/pjte.v2i2.3609

Issue

Section

Articles