ANALISA DAN PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN MATAKULIAH PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER DENGAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DI UNIVERSITAS PAMULANG
Abstract
Augmented Reality (AR) adalah sebuah teknologi dimana memasukkan dan
memberikan input berupa objek virtual 3D kedalam lingkungan yang real-time.
Penerapan augmented reality ini akan diimplemantasikan kedalam pembelajaran
khususnya matakuliah PTI atau dikenal pengantar teknologi informasi, dimana
matakuliah ini adalah matakuliah yang banyak menyinggung visual serta beberapa bentuk dari sebuah teknologi - teknologi yang berkembang sekarang ini, penyampaian gambar dan bentuk kondisi dari sebuah teknologi haruslah jelas dan tidak berupa hanya sekedar gambar, dimana hal tersebut dapat memberikan pemahaman bagi mahasiswa dalam memahami teknologi informasi sekarang ini. Dalam pembuatan rancang bangun dan penerapan teknologi augmented reality ini menggunakan model SDLC waterfall, dimana memiliki tahapan yang bertahap dan tahapannya mudah dipahami, dikarnakan memberikan modul bertahap dan dimulai dari analisa sampai dengan pengujian dan maintenance. Penerapan augmented reality ini diimplementasikan ke platform mobile android, dimana smartphone android ini adalah handphone yang menjadi kebutuhan masyarakat dalam mencari sebuah informasi terutama pada ruang lingkup pendidikan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan inovasi baru dan pengembangan khususnya pada matakuliah pembelajaran pengantar aplikasi komputer pada universitas pamulang.
Dalam pengembangannya menggunakan metode rancang bangun menggunakan
model SDLC waterfall, Pemahaman daya tarik matakuliah, dimana software nantinya akan memberikan sebuah inovasi baru dalam pembelajaran terutama pada matakuliah pengantar teknologi informasi, yang akan digunakan dan diuji langsung oleh mahasiswa universitas pamulang pada semester satu.
Kata kunci: Augmented Reality, SDLC, Rancang Bangun.