EFEKTIVTAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARING PADA MATA KULIAH TEORI MAKRO EKONOMI

Authors

  • Sulistiyani Sulistiyani Universitas Pamulang
  • Irawan Wisnu Kuncoro Universitas Pamulang

Abstract

Pembelajaran merupakan salah satu kegiatan pokok setiap perguruan tinggi. Di lingkungan perguruan tinggi di berbagai negara marak gerakan ke arah quality teaching and learning. Orang berusaha mengembangkan berbagai pendekatan pembelajaran baru yang lebih sesuai dengan kebutuhan pembelajar dan tuntutan masyarakat. Tujuannya adalah meningkatkan mutu serta relevansi pembelajaran di perguruan tinggi, khususnya pada jenjang under graduate atau setara program Sâ€1 di Tanah Air. Salah satu metode pembelajaran baru yang juga menjadi fokus penelitian ini adalah problemâ€based learning (PBL).

Adapun perumusan masalah dalam penelitan ini adalah sebagai berikut: “Bagaimanakah Efektivtas Model Pembelajaran Problem Based Leaning Pada Mata Kuliah Teori Makro Ekonomiâ€.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. dengan metode kelas ekperimen dan kelas kontrol, dimana kelas eksperimen menggunakan metode problem based learning dan kelas kotrol memakai metode ceramah dan diskusi. Analisis data Uji efektivitasyang dilakukan adalah menganalisis data hasil belajar kognitif. Menggunakan T-test Dua Sampel Independen.

Hasil penelitian nilai sig (2-tailed) uji t adalah 0,045. Nilai signifikansi tersebut kurang dari 0,05 yang berarti bahwa H1 tidak ditolak. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata nilai hasil belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hal tersebut menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas control sehingga dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Problem Based Learing efektiv diterapkan Pada Mata Kuliah Teori Makro Ekonomi.

Kata kunci: efektivitas, problem based learning

Downloads

Published

2020-06-02