Perancangan Aplikasi Sistem Informasi Stock Data Penjualan Kendaraan Mobil Bekas Berbasis Web (Di PT. Use Car)

Authors

  • Muhamad Faisal Bahri Univesitas Pamulang
  • Atang Susila Universitas Pamulang

Abstract

Perancangan aplikasi sistem informasi data penjualan kendaraan mobil bekas berbasis web menggunakan internet untuk mendukung dan memudahkan suatu pekerjaan serta pendataan informasi pembelian, penjualan, pembayaran maupun ketersediaan stok kendaraan. Saat ini belum tersedianya informasi yang menyajikan tentang informasi ketersediaan stok kendaraan secara realtime mengakibatkan salahnya informasi stok bagi pelanggan yang akan membeli mobil. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem informasi (website) untuk mempermudah perusahaan untuk mengelola data pembelian, penjualan, pembayaran serta ketersediaan stok kendaraan. Dalam pengembangan sistem penelitian ini menggunakan metode waterfall dengan beberapa tahapan yaitu analysis, design, coding, testing dan implementation. Dengan adanya sistem ini diharapkan pelanggan dapat dengan mudah mengakses informasi kendaraan-kendaraan baru dan bagi perusahaan dapat meninggkatkan penjualan menggunakan media promosi yang tak terbatas waktu dan tempat.

Author Biography

Muhamad Faisal Bahri, Univesitas Pamulang

programmer

References

Aprilia, R., & Anwar, M. (2019). Perancangan Aplikasi Penjualan Mobil Bekas Di CV Singgalang Motor Padang Berbasis Web. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika dan Informatika, 7(4), 263-270.

Buliali, J. L., Handojo, A., & Wiharjo, F. S. (2005). Penjualan Mobil Berbasisi Web Dan Manajemen Data Pembayaran Di Showroom Mobil XYZ. Jurnal Informatika, 6(1), 31-40.

Fakhri, M. A., Aknuranda, I., & Pramono, D. (2018). Implementasi Sistem Informasi Showroom Mobil (SISMOB) dengan Pemrograman Berbasis Objek (Studi Kasus: UD. Tomaru Oto). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2(9), 2967-2974.

Id, I. D. (2011). Framework Codeigniter Sebuah Panduan dan Best Practice. Pekanbaru: Leanpub.

Kosasi, S. (2015-2016). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Dalam Memasarkan Mobil Bekas. Citec Journal, 3(1), 1-14.

Kustiyahningsih, Y., & Anamisa, D. R. (2011). Pemrograman Basis Data Berbasis Web Menggunakan PHP & MySQL. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suendri. (2018). Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi Remunerasi Dosen Dengan Database Oracle (Studi Kasus: UIN Sumatera Utara Medan). Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, 3(1), 1-9.

Suwandhi, A. (2018). Perancangan Sistem Penjualan Mobil Bekas Pada Showroom Eric Jaya Mobil. Jurnal Ilmiah Core IT, 88-95.

Wibowo, D. A. (2018). Sistem Informasi Penjualan Mobil Bekas Berbasis Web pada PT. Umi Ford Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Technologia, 9(4), 222-227.

Published

2021-10-25