RANCANG BANGUN APLIKASI BERBASIS WEB PADA MATA PELAJARAN KELAS VI DI MI AL-MUNAWARAH KARANGANYAR
Keywords:
Aplikasi Mata Pelajaran berbasis web, waterfall, websiteAbstract
Saat ini Indonesia sedang dilanda virus corona (Covid-19). Dengan adanya virus Covid-19 memberikan dampak kepada seluruh lapisan masyarakat, terutama dibidang pendidikan. Menurut Surat Edaran (SE) Mendikbud No. 4 Tahun 2020 Tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran Virus Covid-19 mengemukakan bahwa proses belajar dilakasanakan dirumah melalui pembelajaran daring atau jarak jauh. Pembelajaran daring di MI Al-Munawarah Karanganyar sudah terlaksana, aplikasi yang digunakan adalah Whatsapp. Selanjutnya di dalam menyampaikan materi, Siswa-siswi Kelas VI MI Al-Munawarah Karanganyar kesulitan memahami materi yang diberikan guru karena hanya lewat aplikasi Whatsapp. Waktu yang terbatas karena pandemi, dalam proses belajar mengajar menyebabkan minimnya interaksi antara guru dan siswa dalam melaksanakan suatu proses pembelajaran. Dengan memanfaatkan teknologi yang berkembang saat ini sangat tepat karena bisa membantu dan memudahkan dalam hal belajar mengajar, salah satunya terdapat media pembelajaran berbasis website. Bagi MI Al-Munawarah Karanganyar belum mempunyai media pembelajaran yang berbasis website yang dapat menarik belajar siswa dari rumah di masa pandemi Covid-19. alasan mengapa menggunakan media tersebut karena banyak siswa yang sudah mempunyai telepon seluler. Metode Pengembangan Sistem yang digunakan dalam perancangan Sistem Informasi ini menggunakan Model Waterfall. Alasan penulis menggunakan cara waterfall dikarenakan metode ini mempunyai tahapan-tahapan yang jelas, nyata dan praktis. Setiap tahap harus diselesaikan terlebih dahulu untuk menghindari terjadinya pengulangan dalam tahapan sehingga pengembangan sistem yang dilakukan dapat memperoleh hasil yang diinginkan. Berdasarkan penelitian pada tahap ini diketahui sistem informasi pembelajaran berbasis WEB dapat digunakan untuk mempermudah proses pembelajaran pada MI Al-Munawarah.
References
Aminudin. (2015). Cara Efektif Belajar Framework Laravel. Ilmu Teknologi Informasi, 1–28.
Anwer, F., Aftab, S., Shah Muhammad Shah, S., & Waheed, U. (2017).
Comparative analysis of two popular agile process models: Extreme programming and scrum. International Journal of Computer Science and Telecommunications, 8(2), 1–7. www.ijcst.org
Desvi, R. F. S. (2014). Perancangan Sistem E-Learning di SMK Negeri 1 Painan
Menggunakan Pemrograman PHP dan Database MySQL. Jurnal E-Learning, September 2014, 1–8.
Dorothy, L., Satoto, K. I., & Nurhayati, O. D. (2014). Perancangan dan
Implementasi Sistem Informasi Perpustakaan di Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Undip. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 2(4), 209–222. https://doi.org/10.14710/JTSISKOM.2.4.2014.209-222
Elyas, A. H. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran E-Learning Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Warta, 56(04), 1–11.
Handika, I. G., & Purbasari, A. (2018). Pemanfaatan Framework Laravel Dalam Pembangunan Aplikasi E-Travel Berbasis Website. Konferensi Nasional
Sistem Informasi STMIK Atma Luhur Pangkalpinang, 1329–1334.
Hanum, N. S. (2013). Keefetifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 90–102. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1584
Hartanto, W. (2016). Penggunaan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 1–18.
Hidayati, N. (2010). SISTEM E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PROSES BELAJAR MENGAJAR : STUDI KASUS PADA SMA NEGERI 10 BANDAR LAMPUNG. 2(1), 70–75. https://doi.org/10.23887/janapati.v5i3.9922
Husaini, M. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Bidang Pendidikan (Education). Jurnal Mikrotik, 2(1), 1–5.
Indrakusuma, H. A., & Putri, R. A. (2016). E-Learning 1 (Teori dan desain).
Irmawati Carolina dan Adi Supriyatna. (2018). Penerapan Metode Extreme Programming Dalam Perancangan Aplikasi Perhitungan Kuota Sks Mengajar Dosen. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 3(1), 106–113.
Ismail, L. O., & Sinen, R. (2017). Penerapan Sistem Informasi Manajemen
Pendidikan Dalam Proses Pembelajaran Di Smp Negeri 21 Makassar. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 290–309. https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i2.4272
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Prosiding Seminar Informatika dan Sistem Informasi have CC-BY-NC-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, Prosiding Seminar Informatika dan Sistem Informasi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-NC-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Prosiding Seminar Informatika dan Sistem Informasi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
YOU ARE FREE TO:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms