RANCANG BANGUN APLIKASI BERBASIS WEB PADA MATA PELAJARAN KELAS VI DI MI AL-MUNAWARAH KARANGANYAR

Authors

  • Ibnu Mimbar Maolana UNIVERSITAS PAMULANG
  • Dola Irawan

Keywords:

Aplikasi Mata Pelajaran berbasis web, waterfall, website

Abstract

Saat ini Indonesia sedang dilanda virus corona (Covid-19). Dengan adanya virus Covid-19 memberikan dampak kepada seluruh lapisan masyarakat, terutama dibidang pendidikan. Menurut Surat Edaran (SE) Mendikbud No. 4 Tahun 2020 Tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran Virus Covid-19 mengemukakan bahwa proses belajar dilakasanakan dirumah melalui pembelajaran daring atau jarak jauh. Pembelajaran daring di MI Al-Munawarah Karanganyar sudah terlaksana, aplikasi yang digunakan adalah Whatsapp. Selanjutnya di dalam menyampaikan materi, Siswa-siswi Kelas VI MI Al-Munawarah Karanganyar kesulitan memahami materi yang diberikan guru karena hanya lewat aplikasi Whatsapp. Waktu yang terbatas karena pandemi, dalam proses belajar mengajar menyebabkan minimnya interaksi antara guru dan siswa dalam melaksanakan suatu proses pembelajaran. Dengan memanfaatkan teknologi yang berkembang saat ini sangat tepat karena bisa membantu  dan memudahkan dalam hal belajar mengajar, salah satunya terdapat media pembelajaran berbasis website. Bagi MI Al-Munawarah Karanganyar belum mempunyai media pembelajaran yang berbasis website yang dapat menarik belajar siswa dari rumah di masa pandemi Covid-19. alasan mengapa menggunakan media tersebut karena banyak siswa yang sudah mempunyai telepon seluler. Metode Pengembangan Sistem yang digunakan dalam perancangan Sistem Informasi ini menggunakan Model Waterfall. Alasan penulis menggunakan cara waterfall dikarenakan metode ini mempunyai tahapan-tahapan yang jelas, nyata dan praktis. Setiap tahap harus diselesaikan terlebih dahulu untuk menghindari terjadinya pengulangan dalam tahapan sehingga pengembangan sistem yang dilakukan dapat memperoleh hasil yang diinginkan. Berdasarkan penelitian pada tahap ini diketahui sistem informasi pembelajaran berbasis WEB dapat digunakan untuk mempermudah proses pembelajaran pada MI Al-Munawarah.

References

Aminudin. (2015). Cara Efektif Belajar Framework Laravel. Ilmu Teknologi Informasi, 1–28.

Anwer, F., Aftab, S., Shah Muhammad Shah, S., & Waheed, U. (2017).

Comparative analysis of two popular agile process models: Extreme programming and scrum. International Journal of Computer Science and Telecommunications, 8(2), 1–7. www.ijcst.org

Desvi, R. F. S. (2014). Perancangan Sistem E-Learning di SMK Negeri 1 Painan

Menggunakan Pemrograman PHP dan Database MySQL. Jurnal E-Learning, September 2014, 1–8.

Dorothy, L., Satoto, K. I., & Nurhayati, O. D. (2014). Perancangan dan

Implementasi Sistem Informasi Perpustakaan di Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Undip. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 2(4), 209–222. https://doi.org/10.14710/JTSISKOM.2.4.2014.209-222

Elyas, A. H. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran E-Learning Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Warta, 56(04), 1–11.

Handika, I. G., & Purbasari, A. (2018). Pemanfaatan Framework Laravel Dalam Pembangunan Aplikasi E-Travel Berbasis Website. Konferensi Nasional

Sistem Informasi STMIK Atma Luhur Pangkalpinang, 1329–1334.

Hanum, N. S. (2013). Keefetifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 90–102. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1584

Hartanto, W. (2016). Penggunaan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 1–18.

Hidayati, N. (2010). SISTEM E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PROSES BELAJAR MENGAJAR : STUDI KASUS PADA SMA NEGERI 10 BANDAR LAMPUNG. 2(1), 70–75. https://doi.org/10.23887/janapati.v5i3.9922

Husaini, M. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Bidang Pendidikan (Education). Jurnal Mikrotik, 2(1), 1–5.

Indrakusuma, H. A., & Putri, R. A. (2016). E-Learning 1 (Teori dan desain).

Irmawati Carolina dan Adi Supriyatna. (2018). Penerapan Metode Extreme Programming Dalam Perancangan Aplikasi Perhitungan Kuota Sks Mengajar Dosen. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 3(1), 106–113.

Ismail, L. O., & Sinen, R. (2017). Penerapan Sistem Informasi Manajemen

Pendidikan Dalam Proses Pembelajaran Di Smp Negeri 21 Makassar. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 290–309. https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i2.4272

Published

2021-02-25