SISTEM INFORMASI MONITORING KUNJUNGAN TEKNISI PADA PT GUCI EMAS PRATAMA BERBASIS WEB

Authors

  • Dyah Puri Kirana Sari universitas Pamulang
  • Kecitaan Harefa Universitas Pamulang

Abstract

Monitoring kunjungan adalah suatu kegiatan pengawasan yang biasa di lakukan oleh perusahaan maupun organisasi yang bergerak dalam bidang jasa yang dimaksudkan untuk memastikan bahwa sistem kunjungan yang diterapkan berjalan dengan baik. Bagi sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa, monitoring kunjungan memiliki peran penting. PT. Guci Emas Pratama berkomitmen memberikan pelayanan maksimal, berkualitas dan terpercaya untuk pelanggannya, memberikan kualitas pekerjaan yang baik, menjaga kepuasan dan menciptakan hubungan kerjasama yang baik, PT. Guci Emas Pratama memberikan sistem garansi selama 3 (tiga) tahun dalam paket pekerjaan anti rayap dengan memberikan kunjungan rutin selama 6 (enam) bulan sekali oleh teknisi yang berpengalaman. Teknisi yang bertugas akan melakukan pengecekan pada bangunan pelanggan yang di anti rayap, memberikan laporan kepada admin untuk di rekap dan dilakukan pengarsipan. Kendala yang ada adalah jadwal kunjungan sering terlewat proses input laporan memakan waktu yang lama, serta mempunyai akses yang terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mempercepat proses input laporan dan data pelanggan. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan Metode Studi Pustaka Studi, Wawancara Pengambilan, Metode Observasi. Aplikasi sistem informasi monitoring kunjungan teknisi pada PT Guci Emas Pratama berbasis web berhasil dibangun dengan menggunakan Bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai database, serta rancangan dengan UML. Hasil penerapan permasalahan jadwal kunjungan yang terlewat sudah mulai berkurang, dan proses input laporan hasil kunjungan pelanggan menjadi lebih cepat. Sistem Informasi ini berbasis web ini rentan terhadap penyalahgunaan data karena berbasis web dengan keamanan sederhana. Oleh karena itu, diperlukan backup data secara rutin.

Kata Kunci: Aplikasi, Monitoring, Kunjungan Teknisi, PHP

References

Hutahaean, J. (2014). Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: CV Budi Utama.

MZ, M. K. (2016). PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK METODE BLACK-BOX BERBASIS EQUIVALENCE PARTITIONS PADA APLIKASI SISTEM INFORMASI SEKOLAH. Jurnal Mikrotik Edisi Bulan Februari 2016, Volume: 06 Nomor: 03, 2.

Prijambodo. (2014). Monitoring dan Evaluasi. Bogor: PT Penerbit IPB Press.

Rosa, A. S. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Shalahudin, & R. A. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika.

Sukisno, & Wuni, W. F. (2017). ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI TRACKING ACUAN QUALITY DEPARTEMEN BRUSHING BERBASIS WEB DI PT. INDOTAICHEN TEXTILE INDUSTRY. Journal of Informatics Engineering Vol.5 No.1, 43-51.

Published

2022-02-21