Implementasi Website Ecommerce Sebagai Media Penjualan Online Pada Unit Produksi SMK BAKTI IDHATA

Authors

  • Nilovar Asyiah Universitas Pamulang
  • Nurhasanah Universitas Pamulang

Abstract

Terbatasnya jangkauan pemasaran barang dan kurang efisiennya sistem promosi barang atau jasa kepada masyarakat menyebabkan tidak tercapainya omzet yang maksimal. Dalam memasarkan produk atau jasa saat ini sedikit menggunakan media cetak seperti brosur dan spanduk, tetapi menggunakan media digital seperti foto maupun video melalui jaringan internet untuk memperluas pemesanan dan pemasaran. Platfrom yang digunakan untuk memasarkan produk dan jasa harus menarik dan mudah di pahami oleh konsumen. Unit produksi adalah suatu proses kegiatan usaha yang dilakukan sekolah dan lingkungan dalam bentuk unit usaha secara berkesinambungan, dengan memberdayakan warga sekolah dan lingkungan dalam bentuk unit usaha produk atau jasa yang dikelola secara profesional sehingga warga sekolah baik guru maupun siswa yang terlibat bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Unit Produksi di SMK Bakti Idhata saat ini hanya di ketahui oleh lingkungan yayasan dengan 3 jenjang yaitu SMP, SMA dan SMK saja yang memesan produk atau jasa nya. Pembuatan website e-commerce dengan menggunakan CMS Wordpress yang di kembangkan dengan kelebihan pemesanan produk pada website ini adalah menghemat waktu dan biaya dibandingkan dengan pemesanan secara langsung datang ke sekolah, dan konsumen dapat melihat katalog produk dan memesan barang atau jasa yang di tawarkan langsung dilihat di halaman website ini dalam waktu tak terbatas jam kerja. Setelah penelitian ini selesai dilaksanakan, akan di terbitkan berupa jurnal Nasional ber ISSBN dan luaran tambahan dengan HKI untuk memperoleh perindungan secara hukum.

Downloads

Published

2024-06-30