Aplikasi dan Sistem pengelolahan data nilai berbasis spreadsheet pada SMP Negeri 1 Gunung Sindur
Abstract
Proses pengelolahan nilai saat ini berbeda dengan zaman dahulu yang dilakukan secara manual, yang tergantikan dengan sistem komputerisasi dan saling terintegrasi. Nilai yang ada dalam sebuah laporan merupakan hasil perolehan daripada pembelajaran yang dimiliki seorang siswa ketika mereka duduk di bangku sekolah. Dalam hal ini penulis mencoba meneliti tatakelolah nilai tersebuat di sekolah SMP Negeri 1 Gunung Sindur menggunakan aplikasi Spreadsheet yang tadinya secara mandiri dan kita gantikan dengan sistem jaringan menggunakan google sheet. SMP pada umumnya memiliki nilai sesuai dengan banyak pelajaran yang diampu karena mengikuti kaidah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ristek Dikti. Satu guru mengampu satu matapelajaran yang pastinya sesuai dengan latarbelakang pendidikan yang dimiliki atau lebih tepat istilahnya linear. Mata pelajaran tersebut seperti Pendidikan Agama, PKn, IPS, Matematika, IPA, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Kesenian, Penjasorkes. Nilai-nilai setiap matapelajaran terbagi dari nilai harian berupa tugas-tugas, nilai ulangan harian, nilai formatif, nilai sumatif dan atau nilai ujian akhir semester. SMP Negeri 1 Gunung Sindur yang berlokasi di Jl. Pendidikan No.10, Gn. Sindur, Kec. Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat mengizinkan kami Dosen Fakultas Teknik Informatika Universitas Pamulang mengadakan penelitian dalam hal sistem tatakelolah nilai yang terlaksana di sekolah tersebut sehingga dalam menghasilkan nilai akhir yang akan muncul atau dibagikan terhadap orang tua peserta didik disetiap akhir semester lebih rapi dan tatanannya semua tersaji dengan baik. Kemajuan teknologi saat ini sangat penting dan membantu Guru dan Tenaga Pendidikan yang terlibat langsung dalam proses pembelajaran akan lebih mudah mengelolahnya dan kemungkinan kesalahan – kesalahan yang ada akan diperkecil serta mudah mengatasinya sebab sudah tersistem dan didistribusikan secara digital yang otomatis demi menghindari penggunaan kertas. Nilai berisi angka-angka yang merupakan hasil belajar siswa selama satu semester. Hal ini menjadi salah satu parameter melihat perkembangan pendidikan putra atau putri kita yaitu melalui nilai rapor. Salah satu alasannya adalah manusia tidak mungkin menguasai dan pintar pada setiap bidang. Dengan pengelolahan nilai secara digital juga akan mempermudah sistem perangkingan yang semuanya akan tertuang dalam sebuah laporan/rapor digital sebagai pengganti buku yang berisi nilai kepandaian dan prestasi belajar murid di sekolah, Ppada umumnya adalah pemberian dari seseorang yang telah melewati waktu bersama, baik dalam belajar mengajar, diskusi, atau melalui sebuah penelitian. Seseorang yang telah mengetahui kelebihan dan kelemahan anak didiknya menjadikan Guru dan Tenaga Pendidikan lebih bertanggungjawab pada peserta didik dan lebih mudah melakukan perbaikan serta ealuasi diri jika ada perbaikan nilai dapat dilakukan darimanapun selama adanya dukungan internet data tersimpan dalam server sekolah terhadap masyarakat tentang kemampuan yang telah dimiliki siswa yang berupa sekumpulan hasil penilaian. Maka kegiatan penilaian dilakukan melalui pengukuran atau pengujian terhadap siswa setelah mengikuti proses pembelajaran dalam suatu unit tertentu. Pengelolahan nilai akan saling terintegrasi sebab sudah dibuat menggunakan rumus-rumus yang dapat membaca semua lembar kerja kolom-kolom matapelajaran dalam satu kesatuan. Bagi Siswa: Membantu tenaga pengajar untuk melakukan perbaikan, konsep-kosep atau teori-teori yang belum dikuasai, Kreativitas diri untuk selalu belajar paham akan sistem nilai, tercipta strategi belajar Bagi Orang Tua: Dapat melihat nilai-nilai yang diperoleh setiap waktu yang menjadi sarana untuk pengembangan anaknya sehingga orang tua dapat memberikan kiat-kiat belajar siswa dan guru saling termotivasi dalam penggunaan teknologi jaringan serta peniliaian yang sudah digital. Bagi Guru Mata Pelajaran: Sebagai feedback juga penilaian digunakan guru untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan siswa dalam satu kelas. Hasil penilaian harus dapat mendorong guru agar mengajar lebih baik, dan membantu guru untuk menentukan strategi mengajar yang lebih tepat. Bagi Wali Kelas: Melalui sistem nilai yang berbasis goole spreadsheet wali kelas dapat mengetahui kekuatan dan kelemahan siswa dalam kelas yang diampunya wali kelas dapat menentukan strategi dalam pengelolaan kelas yang menjadi tanggung jawabnya misalnya dengan menata ulang pengaturan tempat duduk, pembagian anggota kelompok belajar dan langkah strategis lainnya untuk membantu siswa meningkatkan kompetensi siswa atau membantu mengatasi kesulitan belajar siswa yang lemah Nilai pada tahapan selanjutnya bukanlah segalanya dan yang terpenting ialah anak dapat menguasai dan memahami materi. Siswa dapat menerapkan ilmu yang ia dapatkan dalam kehidupan sehari-hari yang akan membawa manfaat di masa depan yang lebih baik.
Kata kunci: aplikasi raport, google spreadsheet, logika fungsi, laporan nilai
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Prosiding Seminar Informatika dan Sistem Informasi have CC-BY-NC-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly work.
In developing strategy and setting priorities, Prosiding Seminar Informatika dan Sistem Informasi recognize that free access is better than priced access, libre access is better than free access, and libre under CC-BY-NC-SA or the equivalent is better than libre under more restrictive open licenses. We should achieve what we can when we can. We should not delay achieving free in order to achieve libre, and we should not stop with free when we can achieve libre.
Prosiding Seminar Informatika dan Sistem Informasi is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
YOU ARE FREE TO:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms