SISTEM INFORMASI RESERVASI PENJADWALAN SERVICE PADA PT. MENTARI ALAM SEMESTA BERBASIS WEB

Authors

  • hendri ardiansyah Universitas Pamulang
  • Dadang Kurnia

Abstract

Sistem informasi reservasi servis merupakan salah satu sistem informasi yang terdapat pada PT. Mentari Alam Semesta. Sistem informasi reservasi servis ini bertujuan untuk memudahkan konsumen melakukan pendaftaran servis, sehingga tidak terjadinya antrian lama dalam servis. Sistem antrian servis yang digunakan saat ini masih manual yaitu konsumen datang lalu mengambil no antrian servis, sehingga konsumen lama menunggu giliran motornya di servis. Oleh karena itu di perlukan adanya suatu sistem informasi berbasis komputerisasi, Adapun proses yang di lakukan untuk mengembangkan sistem informasi reservasi servis yaitu dengan menggunakan. HTML (Hypertext Markup Language) yang merupakan bahasa dasar untuk web scriptin. Selain itu juga digunakan program PHP dan MySQL untuk membuat sistem informasi menjadi akurat. Hasil akhir dari penelitian ini adalah dihasilkan program aplikasi berbasis Web yang dapat memberikan gambaran jelas mengenai Sistem Informasi reservasi servis pada PT. Mentari Alam Semesta yang dapat menampilkan informasi reservasi servis online.

References

Aji, A. M. (2014). Sistem Informasi Jasa Service Berbasis Web pada Bengkel AHASS Citra Motor Bekasi. Sniptek.

Hermanto, N. (2012). Sistem Penunjang Keputusan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) untuk Menentukan Jurusan pada SMK Bakti Purwokerto. Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan.

Lesmana, R. (2017). Sistem Pelayanan Jasa Service Motor Berbasis Sms Gateway dengan Menerapkan Metode CRM. Nuansa Informatika, 11(2).

Maita, i., & Adawiyah, A. (2017). Sistem Informasi Reservasi Online Pada Guest House UIN Suska Riau Berbasis Web. Rekayasa dan Manajemen Sistem informasi, 3(1), 85-96.

Nugroho, R. F., Riza, T. A., & Hariyani, Y. S. (2016). Perancangan dan Implementasi Sistem Reservasi Service Mobil Berbasis Website (Studi Kasus: Bengkel Mobil Pandawa 5 Motorsport). e-Proocedingof Applied Sciense, 2(3), 1390.

Rian, H. (2014). Perancangan Sistem Informasi Jasa Service Pada Astra Honda Gandaria Jakarta. Jurnal Lentera ICT, 2(1).

Sinaga, A. T., Syahrizal, M., & Panjaitan, M. (2017). Aplikasi Simulasi Antrian Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor menggunakan Metode First In First Out (FIFO) (Studi Kasus : Samsat Tamiyang). Pelita Informatika, 16, 256-262.

Siswandi, A. (2017). Aplikasi Sistem Informasi Pembayaran Jasa Service Motor dan Penjualan Sparepart pada Bengkel Motor berbasis Visual Basic 6.0. Tenknologi pelita Bangsa, 6(1).

Sopiah, N. (2012). Penggunaan Metode Analisis dan Perancangan Berorientasi Objek pada Web Jurnal Ilmiah terpadu. Seminar Nasional Informatika.

Welim, Y. Y., Wisjhmuadji, T. W., & Firmansyah, R. (2015). Pengembangan Sistem Informasi Service Kendaraan pada Bengkel Kfmh. Simentris, 6(1).

Widiyaningtyas. (2012). Desain dan Implementasi Jurnal Perkuliahan Berbasis Web pada Jurnal Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negri Malang. Teknologi Elektro dan Kejuruan, 17(1).

Downloads

Published

2020-07-15