AHLI WAHANA CERITA ANIME (FILM) ONE PIECE EPS.829 DENGAN MANGA (KOMIK): CHARLOTTE MONT-D'OR (KAJIAN SASTRA BANDING)

Authors

  • Febri Arianto Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/sns.v3i1.27207

Abstract

Tujuan dari artikel penelitian ini untuk memperoleh hasil perbandingan sastra tulis dan sastra lisan yang berjudul “Ahli Wahana cerita anime (film) one piece eps.829 dengan seri manga (komik): yg berjudul charlotte mont-d’orâ€. ONE PIECE adalah sebuah Manga dan Anime yang menceritakan tentang petualangan sekelompok bajak laut dalam mencari harta karun legendaris, One Piece. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan  metode  deskriptif yaitu data yang  dikumpulkanmengambil  bentuk  kata-kata  atau  gambar. mengidentifikasi bentuk-bentuk  perubahan  alih  wahana  “Ahli Wahana cerita anime (film) one piece eps.829 dengan seri manga (komik): yg berjudul charlotte mont-d’orâ€., mengelompokkan bentuk-bentuk perubahan tersebut ke dalam tiga kategori yakni, pengurangan, penambahan dan perubahan bervariasi. One Piece dibuat oleh Eiichiro Oda pada Agustus 1997 di Shonen Jump terbitan Shueisha dan hingga kini masih terus berlanjut. Versi anime nya mulai dibuat pada Oktober 1999 dan kini telah mencapai lebih dari 500 episode. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data simak-catat. Total data dari penelitian ini adalah potongan adegan yang diambil dari manga charlotte mont-d’or†dan juga versi anime-nya di episode one piece 829. Episode di anime One Piece biasanya memiliki perbedaan dibanding versi manga. Dari penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa meskipun plot utama dan  alur serita pada keduanya memiliki kesamaan, terdapat beberapa perbedaan yang muncul dan diketahui juga ada beberapa tambahan latar yang hanya terjadi pada versi anime. Hal ini menunjukkan bahwa perbedaan tersebut dapat terjadi karena danya keterbatasan yang diakibatkan oleh perubahan media. Sehingga dapat dipastikan bahwa tidak mungkin jalan ceritanya sama persis dengan sumber asli-nya.

 

Kata kunci: ahli wahana, anime, manga, kajian sastra.

References

Marta, F. I. (2018). EKRANISASI DARI NOVEL KE FILM: CRITICAL ELEVEN SEBUAH KAJIAN SASTRA BANDINGAN (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro).

Huda, M. A. (2019). Tinjauan Alih Wahana Penokohan Karakter Utama Novel Dracula 1897 Pada Film Bram Stoker’s Dracula 1992 (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia).

Aminuddin. 2014. Pengantar Apresiasi Karya Sastra.

Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Andarsari, Ernisa. 2015. Transformasi Trilogi Novel The Lord of The Rings Karya J.R.R. Tolkien ke dalam Film The Lord of The Rings Karya Peter Jackson: Kajian Alih Wahana. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: JBSI FBS Unesa. [Times New Roman, ukuran 12, spasi 1]

Downloads

Published

2022-12-21