KOMUNIKASI INTERPERSONAL KARYAWAN DALAM MENCIPTAKAN KEPUASAN PELANGGAN
DOI:
https://doi.org/10.32493/skr.v9i2.21895Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya komunikasi interpersonal Distributor Telur ayam kk dalam menciptakan kepuasan pelanggan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif yang dikaji secara kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah karyawan distributor Telur ayam kk dan sepuluh informan yang merupakan pelanggan dari Distributor telur ayam kk. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, pengamatan dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi antar pribadi yang dilihat dari komponen kesetaraan terdapat hambatan komunikasi yaitu: karyawan masih membeda-bedakan pelanggan lama dengan pelanggan baru sehingga menimbulkan ketidaknyamanan dari pelanggan. Sedangkan komunikasi antar pribadi dari komponen keterbukaan, empati, sikap mendukung dan sikap positif sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pelanggan. Sehingga komunikasi antar pribadi yang baik dapat menjadi faktor penunjang dalam mewujudkan kepuasan pelanggan.
Kata-kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Pelayanan, Kepuasan Pelanggan
EMPLOYEE INTERPERSONAL COMMUNICATION IN CREATING CUSTOMER SATISFACTION
ABSTRACT
This study aims to determine the interpersonal communication importance of KK Chicken Egg Distributors in creating customer satisfaction. This research method uses a descriptive approach that is studied qualitatively. The subjects in this study were employees of the KK chicken egg distributor and ten informants who were customers of the KK chicken egg distributor. Data collection techniques were carried out through interviews, observations and documentation. Based on the study results indicate that interpersonal communication seen from the equality component, there are communication barriers, namely: employees still discriminate between old customers and new customers, causing inconvenience to customers. Meanwhile, interpersonal communication from the openness components, empathy, supportive attitude and positive attitude has been going well and in accordance with what is expected by customers. Therefore good interpersonal communication could be a supporting factor in realizing customer satisfaction.
Keywords: Interpersonal Communication, Service, Customer Satisfaction
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya pada tahun jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar atas karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka ).
JURNAL SEKRETARI: memiliki lisensi CC-BY-SA atau yang setara sebagai lisensi optimal untuk publikasi, distribusi, penggunaan, dan penggunaan kembali karya ilmiah.
Dalam mengembangkan strategi dan menetapkan prioritas, JURNAL SEKRETARI: Jurnal Sekretaris menyadari bahwa akses bebas lebih baik daripada akses berbayar, akses gratis lebih baik daripada akses gratis, dan libre di bawah CC-BY-SA atau yang setara lebih baik daripada libre di bawah kondisi terbuka yang lebih ketat. lisensi. Kita harus mencapai apa yang kita bisa ketika kita bisa. Kita tidak boleh menunda mencapai kebebasan untuk mencapai libre, dan kita tidak boleh berhenti pada kebebasan ketika kita bisa mencapai libre.