PENGARUH BRAND IMAGE, LOKASI, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH SEKOLAH DI SMP MUHAMMADIYAH PARAKAN
DOI:
https://doi.org/10.32493/skr.v11i1.38219Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Brand Image, Lokasi, Promosi, dan Keputusan Memilih Sekolah di SMP Muhammadiyah Parakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Brand Image (variabel X1), Lokasi (variabel X2) dan Promosi (variabel X3) terhadap Keputusan Memilih (Y). Metode penelitian yang digunakan adalah bersifat deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data dengan menggunakan studi pustaka dengan membaca buku-buku yang berkaitan dengan judul penulisan skripsi, selain itu dengan cara studi lapangan yaitu melakukan observasi dan kuesioner. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII SMP Muhammadiyah Parakan Kota Tangerang Selatan sebanyak 94 orang, dan popuasi ini juga digunakan sebagai sampel dalam penelitian. Sehingga dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik penarikan sampel sampling jenuh atau sensus. Dari hasil analisis regresi linear berganda melalui program SPSS Versi 21 menunjukkan tingkat korelasi yang “sangat rendah” dengan kekuatan sebesar 0,128 atau 12,8%. Nilai koefisien determinasi R= 2,4% atau 0,024, menunjukkan bahwa kontribusi brand image, lokasi dan promosi terhadap keputusan memilih sebesar 2,4%, sedangkan selebihnya yaitu 97,6% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis. Pengaruh dan signifikansi antar brand image, lokasi dan promosi dengan keputusan memilih. Pada hasil uji t untuk brand image terhadap keputusan memilih diperoleh thitung sebesar 2,212 < ttabel yaitu 1,661. Pada hasil uji t untuk lokasi terhadap keputusan memilih diperoleh thitung sebesar -0,553 < ttabel yaitu 1,661. Pada hasil uji t untuk promosi terhadap keputusan memilih diperoleh thitung sebesar 0,712 < ttabel yaitu 1,661 sehingga thitung untuk brand image, lokasi dan promosi berada didaerah penolakan Ha. Dan selanjutnya hasil uji F untuk brand image, lokasi dan promosi terhadap keputusan memilih nilai Fhitung diperoleh sebesar 0,734 > Ftabel yaitu 3,942 sehingga thitung berada didaerah penolakan Ha. Ha ditolak, Ho1, Ho2, Ho3 dan Ho4 diterima. Sehingga brand image, lokasi dan promosi tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan memilih.
Kata-kata Kunci: Brand Image, Lokasi, Promosi, dan Keputusan Memilih Sekolah
ABSTRACT
This research was conducted to find out how much influence Brand Image, Location, Promotion, and School Choosing Decisions have on Muhammadiyah Parakan Middle School. This research aims to find out how much influence Brand Image (variable X1), Location (variable X2) and Promotion (variable X3) have on Choosing Decisions (Y). The research method used is quantitative descriptive. The data collection method uses library research by reading books related to the title of the thesis writing, in addition to using field studies, namely conducting observations and questionnaires. The population taken in this research were 94 students in class VII and VIII of SMP Muhammadiyah Parakan, South Tangerang City, and this population was also used as a sample in the research. So in this research the author used a saturated sampling or census sampling technique. The results of multiple linear regression analysis using the SPSS Version 21 program show a "very low" level of correlation with a strength of 0.128 or 12.8%. The coefficient of determination value R= 2.4% or 0.024, shows that the contribution of brand image, location and promotion to the decision to choose is 2.4%, while the remaining 97.6% is influenced by other factors not researched by the author. The influence and significance of brand image, location and promotion on choosing decisions. In the results of the t test for brand image on voting decisions, it was obtained that tcount was 2.212 < ttable, namely 1.661. In the results of the t test for location on the decision to choose, tcount was -0.553 < ttable, namely 1.661. In the results of the t test for promotion on the decision to choose, it was obtained that tcount was 0.712 < ttable, namely 1.661, so that the tcount for brand image, location and promotion was in the Ha rejection area. And then the results of the F test for brand image, location and promotion regarding the decision to choose the Fcount value were obtained at 0.734 > Ftable, namely 3.942 so that tcount was in the Ha rejection area. Ha is rejected, Ho1, Ho2, Ho3 and Ho4 are accepted. So brand image, location and promotion do not have a positive and insignificant effect on choosing decisions.
Keywords: Brand Image, Location, Promotion, and Decision to Choose a School
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya pada tahun jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar atas karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka ).
JURNAL SEKRETARI: memiliki lisensi CC-BY-SA atau yang setara sebagai lisensi optimal untuk publikasi, distribusi, penggunaan, dan penggunaan kembali karya ilmiah.
Dalam mengembangkan strategi dan menetapkan prioritas, JURNAL SEKRETARI: Jurnal Sekretaris menyadari bahwa akses bebas lebih baik daripada akses berbayar, akses gratis lebih baik daripada akses gratis, dan libre di bawah CC-BY-SA atau yang setara lebih baik daripada libre di bawah kondisi terbuka yang lebih ketat. lisensi. Kita harus mencapai apa yang kita bisa ketika kita bisa. Kita tidak boleh menunda mencapai kebebasan untuk mencapai libre, dan kita tidak boleh berhenti pada kebebasan ketika kita bisa mencapai libre.