PERAN PELAYANAN PRIMA KASIR TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT AEON INDONESIA TANGERANG

Authors

  • Unik Desthiani
  • Ernawati Ernawati

DOI:

https://doi.org/10.32493/skr.v7i1.4555

Abstract

ABSTRAK. Persaingan yang ketat diantara para pebisnis menuntut untuk selalu memberikan kinerja yang terbaik salah satunya dengan memberikan pelayanan prima. Pelayanan prima menjadi hal yang penting selain harus juga memahami apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan para pelanggan. Penerapan pelayanan prima termasuk didalamnya pemahaman terhadap kebutuhan dan keinginan pelanggan diharapkan dapat menciptakan kepuasan pelanggan, jika kepuasan pelanggan tercapai maka akan mudah bagi suatu peusahaan yaitu PT AEON Indonesia untuk bertahan didalam persaingan bisnis. Tujuan pengamatan adalah untuk mengetahui penerapan pelayanan prima kasir pada PT AEON Indonesia dan mengetahui apa saja hambatan dalam penerapan pelayanan prima kasir di PT AEON. Metode yang digunakan melalui metode observasi yaitu melakukan pengamatan langsung pada PT AEON dan studi kepustakaan dengan membaca beberapa buku, literatur, jurnal dan artikel. PT AEON memiliki SOP bagi kasir ketika melayani pelanggan, hanya saja hal tersebut belum sepenuhnya dilakukan oleh kasir sehingga masih menimbulkan komplain dari pelanggan, untuk mengatasi komplain pelanggan dalam hal layanan PT AEON perlu mengadakan pelatihan bagi karyawan khususnya kasir mengenai pelayanan prima dan para atasan harus melakukan briefing secara rutin kepada para kasir sebelum memulai bekerja.

 

Kata Kunci: Pelayanan Prima, Kepuasan Pelanggan, Kasir.

 

ABSTRACT. Intense competition among business people demands to always provide the best performance, one of which is by providing excellent service. Excellent service becomes an important thing besides having to also understand what the customers' needs and desires are. The application of excellent service, including understanding the needs and desires of customers is expected to create customer satisfaction, if customer satisfaction is achieved it will be easy for a company, PT AEON Indonesia to survive in business competition. The purpose of the observation is to find out the implementation of prime cashier services at PT AEON Indonesia and to know what are the obstacles in implementing the prime cashier services at PT AEON. The method used through the observation method is direct observation of PT AEON and literature study by reading several books, literature, journals and articles. PT AEON has a SOP for cashiers when serving customers, it's just that it has not been fully done by the cashier so that it still raises complaints from customers. regular briefings to the cashiers before starting work.

Keywords: Service Excellent, Customer Satisfying, Cashier

Downloads

Published

2020-06-26

How to Cite

Desthiani, U., & Ernawati, E. (2020). PERAN PELAYANAN PRIMA KASIR TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT AEON INDONESIA TANGERANG. Jurnal Sekretari Universitas Pamulang, 7(1), 12–24. https://doi.org/10.32493/skr.v7i1.4555

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.