EFEKTIFITAS PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DAN PENILAIAN OTENTIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN BERDASARKAN KURIKULUM 2013 PADA SMKN 1 BOGOR

Authors

  • Suwandi Suwandi

DOI:

https://doi.org/10.32493/skr.v6i2.5538

Abstract

Abstrak - Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui keefektifan penerapan pendekatan sientifik dan penialain otentik dalam proses pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013, pada SMK Negeri 1 Kota Bogor. Metode yang digunakan adalah dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif karena data yang diambil menggunakan angka, mulai dari pengumpulan data, penafsiran terhadap data tersebut, serta penampilan dari hasil. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluatif dengan menggunakan model CIPP (Context Input Proces Product), Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dan penilaian otentik dalam proses pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 pada SMK Negeri 1 Bogor dengan analisis data statistik deskriptif  diperoleh rerata sebesar 2,91, median 2,87, modus dan standar deviasi sebesar 0,391. Rerata skor tersebut berada pada interval kelas 2,51 s.d. 3,25 katergori cukup baik. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa product pada pelaksanaan penerapan pendekatan saintifik dan penilaian outentik berdasarkan kurikulum 2013 pada SMK Negeri 1 Bogor berada pada kategori cukup baik.

 

Kata Kunci : Pendekatan Saintifik, Penilaian Otentik, Kurikulum 2013

 

Abstract-The purpose of this research is to determine the effectiveness of the application of scientific approaches and authentic assessment in the learning process based on the 2013 curriculum, at SMK Negeri 1 Kota Bogor. The method used is to use a quantitative descriptive approach because the data is taken using numbers, starting from data collection, interpretation of the data, and the appearance of the results. This type of research is evaluative research using the CIPP (Context Input Process Product) model, The results showed that the application of the scientific approach and authentic assessment in the learning process based on the 2013 curriculum at SMK Negeri 1 Bogor with descriptive statistical data analysis obtained an average of 2.91, a median of 2.87, a mode and standard deviation of 0.391. The mean score is in the class interval of 2.51 s.d. 3.25 categories is good enough. Thus it can be said that the product in the implementation of the scientific approach and authentic assessment based on the 2013 curriculum at SMK Negeri 1 Bogor is in quite good category.

 

Keywords: Scientific Approach, Authentic Assessment, 2013 Curriculum

Downloads

Published

2020-06-26

How to Cite

Suwandi, S. (2020). EFEKTIFITAS PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DAN PENILAIAN OTENTIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN BERDASARKAN KURIKULUM 2013 PADA SMKN 1 BOGOR. Jurnal Sekretari Universitas Pamulang, 6(2), 185–208. https://doi.org/10.32493/skr.v6i2.5538

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.