PENGARUH CITRA MEREK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
DOI:
https://doi.org/10.32493/skr.v8i1.9716Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui citra merek dan promosi obat paten Antibiotik Kimoxil pada outlet-outlet Apotek Kimia Farma di wilayah Jakarta Selatan khususnya Unit Bisnis Manajer Jaya 1 yang menaungi 32 (Tiga Puluh Dua) Apotek. Serta untuk mengetahui pengaruh antara citra merek dan promosi terhadap keputusan pembelian obat paten Antibiotik Kimoxil pada outlet-outlet Apotek Kimia Farma di wilayah Jakarta Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh dokter yang berpraktek di apotek Kimia Farma yang berada di wilayah jakarta selatan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 90 responden. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan cara kuesioner, dan teknik analisis data dengan uji validitas (uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikloinearitas, uji auto korelasi), uji reabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear sederhana, uji regresi linear berganda, uji koefisien determinasi, uji koefisien korelasi, uji hipotesis parsial dan uji simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Citra Merek terbukti berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Pembelian produk Kimoxil. Hal ini dapat ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi sebesar 0,330, nilai thitung sebesar 3,868 lebih besar dari 1,662 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Promosi terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, dalam hal ini dapat ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi sebesar 0,569, nilai thitung sebesar 3,858 (3,858 > 1,662) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Nilai koefisien korelasi juga menunjukkan bahwa nilai korelasi antara variabel Citra Merek dengan Keputusan Pembelian sebesar 0,634 masuk pada kategori “kuatâ€. Sedangkan nilai korelasi antara Promosi dengan Keputusan Pembelian sebesar 0,634 dan masuk pada kategori kuat. Dengan kata lain, terdapat hubungan yang kuat antara variabel Citra Merek dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian.
Kata kunci : Citra Merek, Promosi, Keputusan Pembelian
ABSTRACT
This study aims to determine the brand image and promotion of the patent drug Kimoxil Antibiotics at Kimia Farma Pharmacy outlets in the South Jakarta area, especially the Jaya 1 Manager Business Unit which houses 32 (Thirty Two) Pharmacies. As well as to determine the effect of brand image and promotion on purchasing decisions for Kimoxil Antibiotics patent drugs at Kimia Farma Pharmacy outlets in South Jakarta. This type of research is quantitative research. The population in this study were all doctors practicing at Kimia Farma pharmacy located in South Jakarta. The sample used in this study were 90 respondents. The data collection technique in this research is by means of a questionnaire, and data analysis techniques with validity test (normality test, heteroscedasticity test, multicloinearity test, auto correlation test), reliability test, classic assumption test, simple linear regression test, multiple linear regression test, test determination coefficient, correlation coefficient test, partial hypothesis test and simultaneous test. The results showed that the brand image proved to have a significant positive effect on purchasing decisions for Kimoxil products. This can be indicated by the regression coefficient value of 0.330, the tcount value of 3.868 is greater than 1.662 and the significance value of 0.000 is less than 0.05. Promotion is proven to have a positive and significant effect on purchasing decisions, in this case it can be shown by the regression coefficient value of 0.569, the t-count value of 3.858 (3.858> 1.662) and the significance value of 0.000, which is smaller than 0.05 (0.000 <0.05). The correlation coefficient value also shows that the correlation value between the Brand Image variable and the Purchase Decision is 0.634 in the "strong" category. Meanwhile, the correlation value between Promotion and Purchase Decision is 0.634 and is in the strong category. In other words, there is a strong relationship between Brand Image and Promotion variables on Purchasing Decisions.
Keywords: brand image, promotion, purchasing decisions
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya pada tahun jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar atas karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka ).
JURNAL SEKRETARI: memiliki lisensi CC-BY-SA atau yang setara sebagai lisensi optimal untuk publikasi, distribusi, penggunaan, dan penggunaan kembali karya ilmiah.
Dalam mengembangkan strategi dan menetapkan prioritas, JURNAL SEKRETARI: Jurnal Sekretaris menyadari bahwa akses bebas lebih baik daripada akses berbayar, akses gratis lebih baik daripada akses gratis, dan libre di bawah CC-BY-SA atau yang setara lebih baik daripada libre di bawah kondisi terbuka yang lebih ketat. lisensi. Kita harus mencapai apa yang kita bisa ketika kita bisa. Kita tidak boleh menunda mencapai kebebasan untuk mencapai libre, dan kita tidak boleh berhenti pada kebebasan ketika kita bisa mencapai libre.