BERWIRAUSAHA MELALUI DIGITAL MARKETING TERUTAMA MARKETPLACE BAGI SISWA DI SMK SATRIA KEMBANGAN JAKARTA BARAT
Keywords:
Berwirausaha, Ecommerce, Marketpalce, ShopeeAbstract
Pengabdian ini berjudul berwirasaha melalui digital marketing terutama marketplace bagi siswa di SMK Satria Kembangan Jakarta Barat yang berdampak pada kesejahraan siswa siswi SMK Satria Jakarta. Tujuan umum dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah Memberikan pelatihan dan pengetahuan secara praktis dalam berwirausaha dengan meandaatkan platform ecommerce shopee sehingga berdampak pada kesejahraan masyarakat khususnya lulusn SMK Satria Kembangan Jakarta Barat. Metode yang digunakan adalah metode survey dan penyampaian materi secara langsung serta simulasi dan diskusi mengenai tata cara berjualan di ecommerce yaitu marketplace shopee dalam manajemen, sehingga mampu dipasarkan secara luas baik dalam negeri maupun luar negeri. Pengembangan pola pikir siswa dan siswi SMK Satria Jakarta. Kesimpulan dari pengabdian kepada masyakat ini adalah bahwa akan dilakukan pendampingan siswa-siswi dalam berwirausaha mellui digital marketing terutama marketplace shopee dari pembuatan akun hingga berjualan di platform ecommerce shopee dalam upaya mewujudkan kesejahraan siswa dan siswi SMK Satria Jakarta dalam menghadapi perekonomian dimasa medatang sebagai upaya menciptakan generasi pengusaha muda.
References
Kotler, Philip, Hermawan Kartajaya dan Iwan Setiawan. 2019. Marketing 4.0 Bergerak Dari Tradisional Ke Digital. Diterjemahkan oleh: Ilyas, Fairano. Jakarta: Pt. Gramedia Pustaka Utama.
Aditya, Iip. 2020. “5 Raksasa Startup Indonesia, Nomor 1 Berstatus Decacornâ€. https://www.goodnewsfromindonesia.id/2020/12/16/5-raksasa-startupindonesia-no-1-berstatus-decacorn. Diakses tanggal 27 November 2022.
Adani, Muhammad Robith. 2020. “Strategi dan Manfaat Digital Marketing untuk Mempromosikan Bisnisâ€. https://www.sekawanmedia.co.id/belajar-digitalmarketing/. Diakses tanggal 27 November 2022.
Irawati, Rina. 2021. “ Pemanfaatan Platform E-Commerce Melalui Marketplace Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan dan Mempertahankan Bisnis di Masa Pandemi (Studi pada UMKM Makanan dan Minuman di Malang)â€. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN) Vol. 6 No. 2 (2021) hlm. 114-133
Waziana, winia. “Pemanfaatan E-Commerce Shopee Sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Ibu-Ibu PKK Pelaku Bisnis Jurnal Pengabdian kepada Masyarakatâ€, 2022, 1 (2), 111
Suswanto, P., & Setiawati, S. D. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Shopee Dalam Membangun Positioning Di Tengah Pandemi Covid-19 Di Indonesia. LINIMASA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 16-29.
Kurnianingsih, W., & Sugiyanto, S. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Nestle Indonesia. Proceedings Universitas Pamulang, 1(1).
Sugiyanto, Sugiyanto, and Indra Iman Sumantri. "Peran Audit Internal Dan Sistem Pengendalian Internal Atas Pengajuan Kredit Tanpa Agunan Pada Perusahaan Perbankkan Di Indonesia." Jurnal Akuntansi 13.2 (2019): 196-224.
Sugiyanto, S., & Sumantri, I. I. (2019). Peran Audit Internal Dan Sistem Pengendalian Internal Atas Pengajuan Kredit Tanpa Agunan Pada Perusahaan Perbankkan Di Indonesia. Jurnal Akuntansi, 13(2), 196-224.
https://www.jurnal.id/id/blog/mengenal-digital-marketing-konsep-dan-penerapannya/
https://shopee.co.id/m/buka-toko-di shopee?gclid=Cj0KCQiAsoycBhC6ARIsAPPbeLsEJzuMjJad88QCugAZR6bjV5tnv6dlLfc952_yKPjrxRQ9p2kXMT4aAmAQEALw_wcB