RANCANG BANGUN APLIKASI HASIL BELAJAR ANAK PADA PAUD SOKA INDAH BERBASIS ANDROID
Keywords:
PAUD, Penilaian, Android, Hasil Belajar, IndramayuAbstract
Teknologi informasi dalam kurun waktu yang sangat cepat semakin berkembang pesat sehingga mempermudah manusia dalam mengakses segala informasi yang ada tidak terkecuali dalam dunia pendidikan anak usia dini (PAUD). Pendidikan anak usia dini atau PAUD merupakan jenjang pendidikan yang ditempuh anak sebelum ia masuk ke sekolah dasar atau SD. PAUD Soka Indah merupakan salah satu PAUD di Indramayu yang terdampak pandemi COVID 19. Hal tersebut membuat proses kegiatan belajar dilaksanakan dari rumah. Hal ini menuntut pendidik untuk lebih siap dalam mempersiapkan kegiatan pembelajaran serta memaksa pendidik untuk memanfaatkan berbagai teknologi untuk memfasilitasi kegiatan pembelajaran. Hal ini membuat sebuah sistem yang dapat memberikan fasilitas bagi pendidik khususnya dalam merekap penilaian dan hasil belajar anak dibutuhkan oleh mitra. Oleh karena itu, penelitian ini mengusulkan implementasi Penilaian dan Hasil Belajar Anak pada PAUD Soka Indah Berbasis Android yang diharapkan dapat digunakan dalam merekap hasil penilaian hasil pembelajaran anak usia dini. Setelah dimplemtasikan, aplikasi yang diusulkan dapat diimplementasikan dengan baik untuk mendukung penilaian hasil belajar anak.
References
Direktorat Pembinaan PAUD. (2018). Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013 PAUD (Issue 021).
Fujiawati, Fuja Siti; Raharja, Reza Mauldy; Iman, A. (2020). Pemanfaatan Teknologi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA, 3(1), 120–126.
Stella Maris. (2019). Pengertian Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Stella Maris Blog. https://www.stella-maris.sch.id/blog/paud/
Supena, A., Jaya, I., & Paramita, D. (2018). Penilaian dan Laporan Perkembangan. Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, 021, 2–3.
Wahyuni, M., & Hasbi, M. (2020). Rencana pelaksanaan program.
Wahyuni, M., Yuliantina, I., & Ritayanti, U. (2015). Penyusunan Rencana