WORKSHOP PENGGUNAAN ALAT UKUR JANGKA SORONG MAUPUN MIKROMETER SEKRUP SEBAGAI PENUNJANG MATA PELAJARAN IPA

Authors

  • Agustina Dyah Setyowati Program Studi Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Pamulang
  • Ahmad Wibisana Program Studi Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Pamulang
  • Ade Irawan Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Pamulang

Keywords:

Pembelajaran, Pengukuran, Alat Ukur, Jangka Sorong, Mikrometer Sekrup

Abstract

Pembelajaran tidak hanya pada kebutuhan pendidikan formal, juga non formal seperti beberapa ketrampilan. Pada pendidikan formal mata pelajaran IPA Khususnya Fisika, akan mempelajari pengukuran menggunakan alat ukur. Alat ukur merupakan instrumen untuk membandingkan suatu parameter dengan acuan standar. Adapun hal yang harus diperhatikan dalam menggunakan alat ukur seperti macam, fungsi dan spesifikasi alat ukur, serta masing masing alat ukur memiliki tingkat ketelitian dan keakuratan yang berbeda. Proses pengukuran merupakan hal yang harus dikuasai setiap siswa sejak dini dimulai dari siswa tingkat SMP. Materi pembelajarannya berkaitan dengan teknik dalam pengukuran, dan prakteknya melakukan pengukuran, menggunakan alat ukur yang sesuai peruntukannya serta menganalisis hasil pengukuran yang telah dilakukan. Pada kesempatan ini Dosen dan mahasiswa memberikan workshop cara memperoleh nilai dari  alat ukur jangka sorong maupun mikrometer sekrup untuk penunjang mata pelajaran IPA pada pembelajaran formal di Yayasan Tunas Insan Mulia. Adapun tujuan khusus dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini untuk memberikan ketrampilan tambahan dan wawasan ilmu yang berhubungan dengan teknik pengukuran secara umum, dan secara khusus berkaitan dengan pengukuran dimensi, berkaitan dengan cara menggunakan alat ukur jangka sorong maupun mikrometer sekrup secara teori dan praktek. Objek uji yang digunakan untuk pengukuran adalah benda uji bagi satri Yayasan Tunas Insan Mulia, Sawangan, Depok. Kegiatan ini diawali dengan penjelasan singkat mengenai materi yang akan diberikan dalam bentuk Presentasi Power Point. Peserta yang akan menghadiri pelatihan merupakan santri usian SMP dari Yayasan Tunas Insan Mulia. Peserta akan dibimbing diarahkan sesuai prosedur pembagian materi, menyimak penjelasan dan praktek, sesi tanya jawab dilanjutkan dengan monitoring dan evaluasi kemudian setelah selesai pelaksanaan dilanjutkan pada tahap pelaporan dan publikasi.

References

David Flack and John Hannaford. (2005) Fundamental Good Practice in Dimensional Metrology, National Physical Laboratory Hampton Road, Teddington, Middlesex, TW11 0LW, First printed. Ichwanul siddiq, BhagasKara Teguh Samudra, Vitra.

Azharis, Fahriza Tri Rizki. (2019) Analisa Karakteristik Hasil Pengukuran Blok Ukur Menggunakan Vernier Callifer, Journal of Thermal Sciences and Technology 11(11):1-7

Nurlina Nurlina, Riskawati Riska, Rahman Karim. (2019) Alat Ukur Dan Pengukuran, Publisher: Lpp Unismuh Makassar, hal 1-79, https://www.researchgate.net/publication/336284702.

Nurhasan Ropii (2019) Efektifitas Penggunaan Media Peraga Ikonik Jangka Sorong dan Mikrometer Sekrup Terhadap Pemahaman Konsep Pengukuran, JIPFRI, Vol 3, no 1, Hal 9- 14.

Downloads

Published

2023-07-27

How to Cite

Setyowati, A. D., Wibisana, A., & Irawan, A. (2023). WORKSHOP PENGGUNAAN ALAT UKUR JANGKA SORONG MAUPUN MIKROMETER SEKRUP SEBAGAI PENUNJANG MATA PELAJARAN IPA. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 471–475. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/32402