PELATIHAN E-COMMERCE SEBAGAI MEDIA PELUANG USAHA DI SMP NEGERI 4 KOTA TANGERANG SELATAN

Authors

  • Bram Purnomo Teknik Informatika, Ilmu Komputer, Universitas Pamulang
  • Eka Yuni Titik Arthaningsih Teknik Informatika, Ilmu Komputer, Universitas Pamulang
  • Abdullah Muhajir Teknik Informatika, Ilmu Komputer, Universitas Pamulang

Keywords:

Pendidikan, masyarakat 5.0, wirausaha, e-commerce

Abstract

Di era masyarakat 5.0 teknologi memudahkan kehidupan manusia diberbagai aspek kehidupan termasuk mengubah gaya hidup masyarakat seperti cara belanja yang saat ini bergeser ke bentuk daring menggunakan e-commerce. Banyak pelajar yang menggunakan kemajuan teknologi untuk mencari informasi terkait sosial media, belanja atapun mencari materi pembelajaran mengenai pendidikan yang mereka tempuh. Sebagai salah satu media peluang usaha, e-commerce digunakan untuk menjual produk yang penghasilannya dapat digunakan menambah penghasilan. Pada kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini kami memberikan pengetahuan dan pelatihan kepada siwa - siwi di SMP Negeri 4 Kota Tangerang Selatan tentang cara memulai wirausaha menggunakan e-commerce dengan tujuan agar dapat menjadi motivasi dalam berwirausaha di era kehidupan saat ini sehingga siswa – siswi dapat memiliki penghasilan tambahan yang dapat membantu orang tua namun tetap fokus pada pendidikan yang saat ini mereka tempuh. Selain itu PKM ini bertujuan untuk mengenalkan pengetahuan wirausaha sejak usia belia.

References

Hartman, Amir dan John Sifonis 2000, Net Ready – Strategies for Success in the Economy, McGraw-Hill, Amerika Serikat.

Akbar, Mohammad Aldrian dan Alam Siti Nur, 2020. E-commerce: Dasar Teori Dalam Bisnis Digital, Yayasan Kita Menulis, Medan.

Indrajit, Eko Ricardus Dr, 2002. Strategi dan Konsep Bisnis di Dunia Maya, APTIKOM, Jakarta.

Romindo, et al, 2019. E-commerce: Implementasi Strategi dan Inovasinya, Yayasan Kita Menulis, Medan.

https://sistem-komputer-s1.stekom.ac.id/informasi/baca/Mengenal-Society-5.0-dan-Penerapannya-dalam-Berbagai-Bidang

https://mnp.ac.id/feature/e-commerce-logistics/keuntungan-dan-manfaat-e-commerce

Downloads

Published

2023-07-28

How to Cite

Purnomo, B., Arthaningsih, E. Y. T., & Muhajir, A. (2023). PELATIHAN E-COMMERCE SEBAGAI MEDIA PELUANG USAHA DI SMP NEGERI 4 KOTA TANGERANG SELATAN. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 568–571. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/32464