STRATEGI PEMASARAN MELALUI PERAN INTERNET TERHADAP PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DI PERUMAHAN VILA DAGO, PAMULANG

Authors

  • Muhammad Sopiyana Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Riska Damayanti Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Maharani Maharani Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang

Keywords:

Pemasaran, Pengambangan, UMKM

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah kegiatan rutin dan biasa diadakan oleh para dosen dan mahasiswa Universitas Pamulang di setiap semester. Kegiatan yang diketuai oleh Muhammad Sopiyana. S.Pd. M.Pd. mengadakan pengabdian nya di lingkungan Perumahan Vila Dago, Cluster Nusa Dua Rt 06/20 Pamulang. Adapun mata pencaharian dari mereka pada umumnya beragam pada umumnya adalah berjualan masakan sehari hari atau catering, roti-roti yang dibuat sendiri atau homemade, dan membuka warung kelontong untuk kebutuhan warga sekitarnya. Mereka memasarkannya dengan media online melalui WhatsApp saja ada juga yang berjualan baju baju dengan offline yaitu membuka toko/sewa toko di berbagai tempat lokasi yang strategis. Hasil penjualan mereka juga tidak maksimal sesuai dengan pengeluarannya karena kurangnya pengetahuan mereka terhadap pemasaran khususnya yang lagi menjamur sekarang ini yaitu pemasaran via media sosial atau medsos khususnya via Instagram (IG) dan Facebook (FB) berbayar atau tidak berbayar. Dalam permasalahan di atas kita perlu melakukan penyuluhan dan mengajarkan kembali bagaimana melakukan pemasaran via media sosial tidak hanya melalui status WA saja tapi melalui Instagram dan Facebook juga. Dengan adanya kegiatan dapat adanya peningkatan omset dari penjualan tersebut dan cash flow yang mereka peroleh semakin meningkat. Pengabdian Kepada Masyarakat memberikan pemahaman, pembinaan dan memberikan pengetahuan dan mempraktekan langsung mengenai bagaimana memasarkan produk produk mereka via media sosial khususnya Intagram dan Facebook sehingga cash flow yang mereka peroleh akan banyak sehingga dapat meningkatkan kelangsungan usaha yang mereka dirikan atau kelolah. Target dalam pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini adalah ibu-ibu rumah tangga dan rukun Warga yang mempunyai usaha mikro atau berwirausaha sebagai sumber penghasilan mereka masing masing atau untuk membantu suami dalam memenuhi kebutuhan rumah tangganya.

References

Fauzie, D., Yulianto, E., & Sunarti, S. (2016). Pengaruh Faktor Psikologis Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen MCD Cabang Mall Olympic Garden Malang) (Doctoral dissertation, Brawijaya University).

Feryal Abadi dan Erwin. 2019. Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Beras Organik di Jakarta. Jakarta. Jurnal JRMB Vol.4 No.1

Galuh Yunas Shabrina. 2020. Pengaruh fitur layanan dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian makanan dan minuman pada pengguna OVO. Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga Vol.9 No.2

GM Susanto, (2017) The Power of Digital Marketing.

Iksan Ongko Widjoyo, Leonid Julivan Rumambi, dan Yohanes Sondang Kunto. 2013. Analisa Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen Pada Layanan Drive Thru McDonald’s Basuki Rahmat di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Vol.1 No.1

Jerry Helianthusonfri, (2019) Belajar Social Media Marketing

Layli Durrotun Nabila. 2020. Pengaruh Dompet Digital dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Bisnis Franchise Minuman (Studi Pada Konsumen Minuman Chatime di Lippo Plaza Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Tata Niaga Vol.8 No.3

Musay, F. P. (2013). Pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian (survei pada konsumen MCD kawi malang) (Doctoral dissertation, Brawijaya University).

Slamet Sugiri Sodikin dan Bogat Agus Riyono, Akuntansi Pengantar 1, Edisi Kesembilan, 2019.

WJS, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta. 1984.

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Sopiyana, M., Damayanti, R., & Maharani, M. (2023). STRATEGI PEMASARAN MELALUI PERAN INTERNET TERHADAP PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DI PERUMAHAN VILA DAGO, PAMULANG. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 1470–1473. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/34136