PENINGKATAN PEMBELAJARAN RELIGIOUS ORIENTED DALAM FORMAT PENDIDIKAN ISLAM (Menggunakan Aplikasi Arabic Keyboard)
Keywords:
Pembelajaran, Religious-Oriented, Arabic-KeyboardAbstract
Analisis situasi permasalahan dalam penelitian ini melihat pada peraturan Undang- Undang No.20 Tahun 2003 Bab II Pasal 3 mengenai tujuan Pendidikan Nasional yaitu untuk mengembangkan keahlian dan membentuk watakserta peradaban suatu bangsa yang bermartabat sebagai upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, dengan tujuan untuk bertambahnya kualitas peserta didik agar menjadi masyarakat yang berakhlak mulia, beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berilmu, sehat, cakap, mandiri, kreatif serta menjadi warga negara yang demokratis serta memiliki tanggung jawab. Hasil dari tindakan penelitian pertama tanggal 24-10-2022/25-10-2022 Responden memilah kosa kata 30 Responden (17.2%), menganalisa kata 78 Responden (44.8%), dan mengindeks ayat Al - Quran dan Hadits 37 Responden (21.2%). Hasil dari tindakan penelitian kedua tanggal 19-12-2022/20-12-2022 Responden memilah kosa kata 59 Responden (33.9%), menganalisa kata 54 Responden (31%), dan mengindeks ayat Al - Quran dan Hadits 31 Responden (17.8%). Tindakan terakhir yaitu memberikan referensi sekunder kepada responden dengan tema Pembelajaran Religious Oriented dalam Format Pendidikan Islam pada bulan Mei 2023 untuk menunjang pemahaman dan Analisa responden dalam kegiatan pembelajaran dan sebagai kelayakan mengisi kuesioner yang berkesinambungan selama penelitian berlangsung. Sebaran kuesioner dilakukan pada tanggal 25 Juni 2023 Responden sebanyak 59.6% cukup mampu menulis ayat al-Quran dan Hadits sesuai dengan tanda baca yang terdapat dalam Mushaf menggunakan Aplikasi Arabic Keyboard, sebanyak 13.5% responden sangat mampu menulis ayat al-Quran dan Hadits sesuai dengan tanda baca yang terdapat dalam Mushaf menggunakan Aplikasi Arabic Keyboard, dan 23.1% responden netral, artinya tingkat kemampuan dan ketidakmampuan menulis ayat al-Quran dan Hadits sesuai dengan tanda baca yang terdapat dalam Mushaf menggunakan Aplikasi Arabic Keyboard cukup banyak dibanding dengan tingkat kemampuan dan ketidakmampuan responden dalam membaca mushaf al-Qur’an dengan tanda baca.
References
Eggen, Paul Don Kouchak, 2012, Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta:PT Indek
Eva L Baker dan Popham James, 1994, Bagaimana mengajar secara sistematis. Yogyakarta: Kanisius
Kusumawati, 2023, Pembelajaran Religious Oriented dalam Format Pendidikan Islam, Yogyakarta: Deepublish.
Munib, Achmad, 2015, Pengantar Ilmu Pendidikan, Semarang:Universitas Negeri Semarang Press.
Nurulhayati, 2002, Strategi Pembelajaran. Jakarta:Erlangga
Slamet, 2010, Belajar dan Faktor – faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rieneka Cipta
Tony Buzan, 2008, Mind Mapping, www.dosenpendidikan.co.id. (Unduh. 12.41 PM)
Zakiah Dradjat, dkk, 2001, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Bumi Aksara:Jakarta.