ASASEMEN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI SOSIOMETRI

Authors

  • Kusumawati Kusumawati Teknik Informatika, Ilmu Komputer, Universitas Pamulang
  • Muhammad Cordiaz Teknik Informatika, Ilmu Komputer, Universitas Pamulang

Keywords:

Asasemen Pembelajaran, Aplikasi, Sosiometri

Abstract

Tujuan dari Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilasanakan adalah untuk memberikan pemaparan dan pelatihan mengenai Asasemen Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Sosiometri di SDN 08 Pagi KKA Cengkareng Jakarta Barat sebagai bagian dari penentuan Asasemen kegiatan belajar mengajar bagi guru. Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilaksanakan SDN 08 Pagi KKA Cengkareng Jakarta Barat. Metode pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat, diantaranya; 1) Tahap Observasi, pada tahap ini melaksanakan survey lokasi, survey kendala yang dialami sekolah dan pendataan guru sebagai peserta dalam pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2) Tahap Pra pelatihan, pada tahap ini guru diberikan penyuluhan menggunakan, 3) Tahap pelatihan, pada tahap ini guru diberikan pelatihanterkait aplikasi cara membuat peta pemikiran sub pembahasan dan membuat file name. 4) Tahap Diskusi, pada tahap ini tim pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat beserta guru saling berinteraksi tanya jawab terakait kesulitan dalam pembuatan aplikasi, 5) Tahap Evaluasi, pada tahap ini tim pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat memeriksa hasil pembuatan aplikasi yang telah dilaksanakan oleh para guru yang dikirimkan melalui Email dan WA dosen.

References

Abdul Mujib dan Jusuf Mudzakkir, 2019, Ilmu pendidikan Islam, Jakarta: Kencana.

Anas Salahuddin, t.th, Metode Riset Kebijakan Penddikan. Bandung: Pustaka setia,

Ahmad Zainuri, 2019, Aplikasi Instrumentasi sosiometri dalam layanan konseling kelompok di Madrasah Aliyah negeri 1 Pekan Baru. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pekan Baru: UIN SUSKA.

Connie Cairnnisa, 2016, Manajemen pendidikan dalam multiperspektif, Jakarta: Rajawali Pers.

Dendy Kurniawan, Ade Iriani, Dany Manongga, 2020, Pemanfaatan social network analysis (SNA) untuk menganalisis kolaborasi karyawan pada PT Aru Mandiri Group. Journal Transformatika Vol 17 No 2 Januari.

Eva L Baker dan Popham James, 1994, Bagaimana mengajar secara sistematis. Yogyakarta: Kanisius

Munib, Achmad, 2015, Pengantar Ilmu Pendidikan, Semarang:UniversitasNegeri Semarang Press.

Kusumawati, 2023, Pembelajaran Religious Oriented dalam Format Pendidikan Islam.Yogyakarta: Deepublish.

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Kusumawati, K., & Cordiaz, M. (2023). ASASEMEN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI SOSIOMETRI. PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 1588–1593. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/34830