STRATEGI BERBISNIS ONLINE DITENGAH PANDEMI CORONA VIRUS DISEASE 2019 (COVID-19)

Authors

  • Jamaluddin Jamaluddin Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan
  • Ratih Andalusi Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan
  • Erlita Kurniawaty Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan
  • Ahmad Maulana Irfanudin Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan
  • Noryani Noryani Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang, Tangerang Selatan

Keywords:

strategi berbisnis online, pandemi, corona virus

Abstract

Mitra dalam program ini adalah Yayasan Yatim dan Dhu’afa Panti Asuhan Al-Kamilah. Masalah utama yang dihadapi oleh mitra adalah sekarang ini dan masih berlanjut salah satunya yaitu Anak yatim, Dhuafa, tenaga pengajar atau pengasuh Yayasan Al-Kamilah yang berada didaerah Serua Bojong Sari Depok- Jawa Barat tidak bisa memenuhi kemampuan dan kebutuhan hidup akibat Pandemi Covid-19 ini, dan ini juga berdampak pada staff pengasuh dan pengajar dalam mendapatkan gaji penghasilan setiap bulannya tidak cukup memendapatkan penghasilan, dikarenakan tidak bisa keluar rumah untuk memberikan ilmunya secara langsung kepada murid-muridnya. Solusi yang diberikan terhadap Permasalahan Mitra yang merupakan Staff dan guru di daerah Serua Bojong Sari Depok-Jawa Barat. Dengan adanya Pandemi Covid-19 mereka tidak mendapatkan penghasilan dikarenakan semuanya tidak diizinkan untuk keluar rumah. Oleh karena itu Dosen Universitas Pamulang khususnya Program Studi Manajemen bekerjasama dengan Yayasan Al-Kamilah memberikan bantuan berupa pangan (sembako) dan masker untuk para Staff, Guru dan murid tersebut. Dan selain itu juga solusi untuk membantu kemitraan melakukan pelatihan bisnis online kepada Yayasan Al-Kamilah meningkatkan kegiatan UMKM di daerahnya, sehingga mereka bisa mendapatkan penghasilan dan mencukupi kebutuhannya.

References

Berry, A. R. (2001). Small and Medium Enterprises Dynamics in Indonesia. Bulletin of Indonesian Economic Studies, 363-384.

Fadiati, A., & Purwana, D. (2011). Menjadi Wirausaha Sukses. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Jauhari, J. (2010). Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan Memanfaatkan E-Commerce. Jurnal Sistem Informasi (JSI), Vol. 2., No. 1, 159-168.

jurnal.id. (2019, Maret 12). Retrieved from https://www.jurnal.id: https://www.jurnal.id/id/blog/strategi-bisnis-untuk-bersaing-di-era-digital/

Kasali, R., & dkk. (2010). Modul Kewirausahaan. Jakarta: HIkmah (PT Mizan Publika).

Ling, A. (2013). Pengelolaan dan Pengembangan Usaha pada Usaha Mikro Kecil Menengah (Studi Deksriptif pada Rumah Makan Palem Asri Surabaya). AGORA Vol. 1., No. 1, 1-8.

Downloads

Published

2021-01-16

How to Cite

Jamaluddin, J., Andalusi, R., Kurniawaty, E., Irfanudin, A. M., & Noryani, N. (2021). STRATEGI BERBISNIS ONLINE DITENGAH PANDEMI CORONA VIRUS DISEASE 2019 (COVID-19). PROSIDING SENANTIAS: Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1547–1554. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Senan/article/view/9088