ANALISA KELAYAKAN USAHA DAN STRATEGI PEMASARAN KERIPIK OLAHAN TALAS DI DESA TEKAD-LAMPUNG

Authors

  • Mucklas Kamseno Universitas Pamulang
  • laily Maknin Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/teknologi.v1i1.1412

Abstract

ABSTRAK

Di Indonesia banyak daerah yang menjadikan sektor pertanian sebagai mata pencaharian mereka. Bermacam-macam hasil bumi dan pertanian yang mereka tanam, dimana hal tersebut didukung penuh oleh Pemerintah. Kabupaten Tanggamus adalah salah satunya, Kabupaten Tanggamus memiliki potensi sumber daya alam yang potensial untuk dikembangkan, salah satunya yaitu sektor pertanian. Bermacam hasil bumi yang dihasilkan dari pertanian yang ada di Kabupaten Tanggamu,  salah satunya adalah Talas. Usaha Industri kecil keripik talas di Kabupaten Tanggamus layak untuk dilakukan investasi dan menjalankan operasional perusahaan. Break Even Point (Titik Impas) Unit dari usaha keripik olahan talas yang di desa Tekad Lampung Yaitu 2 bungkus , Sedangkan Untuk BEP uang yang didapat yaitu Rp. 12.121. Stratregi pemasaran yang tepat untuk usaha keripik olahan talas di desa Tekad Lampung dengan metode SWOT, Salah satu cara promosi yang dapat dilakukan oleh UKM Top Talassa adalah dengan memanfaatkan teknologi yang ada saat ini, seperti dengan menggunakan internet dan memakai media sosial yang banyak digemari oleh masyarakat khususnya untuk kalangan muda seperti twitter, instagram, line, blog serta media sosial lainnya. Memang UKM Top Talassa telah memiliki media sosial facebook. Selain itu, perlu juga penyebaran brosur, spanduk atau bahkan ikut hadir dalam kegiatan-kegiatan bazaar maupun event lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh UKM Top Talassa untuk mempromosikan produk mereka secara langsung kepada konsumen.

Kata kunci : SWOT, Analisa Kelayakan, Break Even Point

Downloads

Published

2018-06-29

Issue

Section

Articles