OPTIMALISASI PELAKSANAAN PROYEK PORTA CABIN 40 FEET DENGAN METODE CRITICAL PATH METHOD (CPM) DI PT. TEPAT GUNA TEKNOLOGI NUSANTARA

Authors

  • Faridwan Afrian
  • dadang kurnia
  • edi supriyadi

DOI:

https://doi.org/10.32493/tkg.v4i1.21847

Keywords:

Optimalisasi, Jalur Kritis, Efesiensi, Critical Path Method

Abstract

Optimalisasi Pelaksanaan Proyek Dengan Metode Critical Path Method Di PT. Tepat Guna Teknologi Nusantara. PT. Tepat Guna Teknologi Nusantara adalah perusahaan yang bergerak di bidang industri konstruksi. Tujuan penelitian ini yaitu memperoleh hasil optimal dalam pelaksanaan sebuah proyek dengan melakukan efisiensi waktu, biaya dan tenaga kerja. Metode yang digunakan adalah Critical Path Method. Critical Path Method digunakan untuk menentukan jalur kritis sebuah proyek. Metode ini memecahkan masalah dengan perhitungan maju, perhitungan mundur dan perhitungan kelonggaran waktu. Dari hasil perhitungan diperoleh 18 hari kerja, 4 pekerja dan biaya Rp. 54.237.146. Setelah dilakukan perbaikan waktu jalur jalur kritis dan perhitungan kembali diperoleh 17 hari kerja, 3 pekerja dan biaya Rp. 52.214.421. Setelah itu dilakukan perbandingan dari hasil perhitungan jalur kritis sebelum dan sesudah diperbaiki maka diperoleh efisiensi 1 hari kerja, 1 pekerja dan biaya Rp. 2.022.725.

References

Arif Rakhmat Ekanugraha. 2016. Evaluasi Pelaksanaan Proyek Dengan Metode CPM & PERT. Jakarta,

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Rineka Cipta, Jakarta,

Dimyati, H. A. Dan Nurjaman, K. 2014. Manajemen Proyek, Bandung: Pustaka Setia.

Dedy Purnawan, Putri Aji Hendikawati, Much Aziz Muslim, Analisis Antrian Perbaikan Sepeda Motor dengan Menggunakan Program Visual Basic, Universitas Negri Semarang, 2013.

Dimyati, A dan Tjutju Tarliah. 2004. Operation Research Model-model Pengambilan Keputusan. Bandung : PT. Sinar Baru Algesindo.

Goetsch, D. L. Dan Davis, S. 2013. Quality Management For Organizational Excellence, Seventh Editioon. New York: Pearson.

Heryanto, Imam dan Triwibowo, Totok. 2013. Manajemen Operasi, Jakarta: Salemba Empat.

Husen, Abrar. 2009. Manajemen Proyek, Yogyakarta: Andi.

Ibnu Dipoprasetyo. 2016. Analsisis Network Planning Dengan Critical Path Method (CPM) Dalam Upaya Efisiensi Waktu Produksi Pakaian Batik. Samarinda.

Lumbantu, Jrvri Krisanto. 2011. Analisis Percepatan Waktu Proyek Dengan tambahan Biaya Yang Optimum (Studi Kasus : Proyek pembangunan Gedung Sekolah Yayasan Pelita Bangsa di Jl. Iskandar Muda Medan, Sumatera Utara), Universitas Sumatera Utara, 2011.

M Imron Mas’ud Erik Wijayanti. 2002. Analisis Evaluasi Biaya dan Penjadwalan Waktu Proyek Pengolahan Limbah PT KI Dengan Pendekataan PERT. Jakarta.

Purwono. 2009. Materi Pokok: Dasar-dasar Dokumentasi (Modul 1). Jakarta. Universitas Terbuka.

Risnawati. 2014. Optimalisasi Pelaksanaan Proyek Dengan Metode Evaluasi Dan Review Proyek (PERT) dan Critical Path Method (CPM). Sulawesi Tengah.

Rochany, Natwidjana dan Siti. Nurasiyah. 2009. Bahan Kuliah Manajemen Proyek. Bandung: UPI

Santosa, Budi. 2009. Manajemen Proyek, Konsep dan Implementasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Walean, David. 2012. Perencanaan dan Pengendalian Jadwal Dengan Menggunakan Program Microsoft Project Professional 2010. Manado: Fakultas Teknik Unsrat.

Yunita Afiana Messah. 2013. Pengendalian Waktu dan Biaya Pekerjaan Kontruksi Sebagai Dampak dari Perubahan Desain. Nusa Tenggara Timur.

Downloads

Published

2022-08-31