ANALISIS USAHA KRIPIK SINGKONG DENGAN METODE SWOT PADA UMKM BERLIAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING PENJUALAN

Authors

  • Wuguh Pitono Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/tkg.v4i1.23784

Keywords:

Kripik Singkong, Analisis SWOT, Daya Saing

Abstract

Produksi kripik singkong Berlian yang sudah berjalan sejak tahun 2013 sampai saat ini masih terus berjalan dan terbukti usaha industri rumah tangga ini mampu melalui masa-masa sulit dimasa pandemi covid 19 yang sampai saat ini masih terasa dampaknya terhadap perkembangan ekonomi. Tentu bukan perjalanan yang mudah dalam proses usaha yang dimualai dari awal hingga mampu bertahan sampai sekarang. Meskipun manajemen operasinalnya dijalankan dengan sederhana tetapi usaha keripik singkong Berlian ini mampu memberikan kaulitas yang berbeda diantara produk yang sama yaitu kripik singkong dengan berbagai viarian rasa dan tekstur keripik yang renyak bagi penikmatnya. Kripik singkong berlian bisa tahan sampai satu bulan jika di simpan diruangan yang dikondisikan dengan suhu 18°c hingga 24°c. Saat ini produksi kripik singkong Berlian diproduksi dengan memenuhi permintaan harian guna menjaga kualitas produk agar tetap dapat memberikan palayanan kepada konsumen untuk memperoleh produk yang selalau segar. Pelanggan kripik singkong Berlian ini kebanyakan pedagang yang membeli keripik untuk dikemas ulang dan dipasarkan lagi. Saat ini produk keripik Berlian masih di jual dengan kemasan polos dengan alasan lebih simple dan praktis. Atas dasar tersebut peneliti tertarik untuk menganalisis produksi keripik singkong Berlian ini. Dari hasil analisi dengan metode matrik SWOT  diperoleh hasil dengan startegi Strengths-Opportunities (SO) dengan melakukan promosi dengan memanfaatkan kekuatan kualitas produk (S1), harga kompetitif (S2) dengan memanfaatkan kemajuan teknologi (O1), media sosial (O2),  dengan strategi Weakness-Opportunities (WO) disarankan dengan menambah kapasitas produksi  (W1), kapasitas produksi masih kecil (W2) kapasitas kecil dengan mengambil kesempatan memanfaatkan kemajuna teknologi (O2), membuka toko (O3) dan menambah kapasitas (O6) dan dengan strategi Weakness-Threats (WT) disarankan dengan melengkapai regulasi terkait ijin usaha untuk menutupi kelemahan-kelemahan seperti kemasan belum berlabel (W3),  belum ada paten (W4), untuk menghindari ancaman persaingan dengan produk yang sama (T1) Peraturan pemerintah (T2) lokasi usaha di pemukiman(T3).

References

Agus Hermawan. 2012, “Komunikasi Pemasaranâ€, Erlangga, Jakarta.

Alma, B., 2009, "Manajemen Pemasaran & Jasa", CV. Alfabetha, Bandung.

Armstrong Gary, 2007, “Marketing An Introductionâ€, Baba arkha Nath Printers, New Delhi.

Arikunto, S., 2013, "Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek", PT. Rineka Cipta, Jakarta.

Assauri, S., 2012, "Manajemen Produksi Dan Operasi", LPFE Universitas Indonsia, Jakarta.

Assauri, S., 2008, "Manajemen Produksi Dan Operasi", LPFE Universitas Indonsia, Jakarta.

Basu S., 2004,â€Asas-Asas Marketingâ€, Liberty, Yogyakarta.

Basu S., Irawan, 2008, “Manajemen Pemasaran Modernâ€, Edisi Kedua Cetakan Ke Sebelas, Liberty Offset, Yogyakarta.

Creswell, J.W., 2010, “Research Design Pendekatan Kualitatif dan Mixedâ€, Cetakan Ke Dua, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

David, F.R., 2016, “Manajemen Strategik, Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaingâ€, Edisi Ke 15, Salemba Empat, Jakarta.

Eva Z., Lesley W., 20017, “Manajemen Pemasaranâ€, Penerbit PPM , Jakarta.

Faris Himawan., 2014, “ Tesis Analisis Strategi Pemasaran untuk meningkatkan Penjualan Pada Dapur Cempakaâ€.UNPAM.

Heizer, B., Render, B., 2012, “ Manajemen Operasiâ€, Edisi Kesembilan, Salemba Empat.

Hikmat, M.M., 2011, "Metode Penelitian", Graha Ilmu, Yogyakarta.

Hurriyati, R., 2012, "Bauran Pemasaran Dan Loyalitas Konsumen", CV. Alfabeta, Bandung.

Kasmir, 2010, "Bank Dan Lembaga Keuangan Lainnya", Edisi Ke Enam, Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Kotler, P. dan Amstrong, G., 2012, "Prinsip-Prinsip Pemasaran", Edisi Ke Dua Belas, Jilid Satu, Erlangga, Jakarta.

Kotler, P. dan Keller, K., 2009, “Manajemen Pemasaranâ€, Edisi Kedua Belas, PT. Indeks, Jakarta.

Kotler, P. dan Keller, K., 2012, "Manajemen Pemasaran", PT. Macaman Jaya Cemerlang, Jakarta.

Maleong, Lexy J. 2017, “Metode Penelitian Kualitatifâ€, Penerbit PT. Rosdakarya, Offset, Bandung.

Muhardi, 2007, “Strategi Operasiâ€, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Nasition M. N 2017, “Manajemen Mutu Terpadu†Edisi Ketiga, Ghalia Indonesia.

Noor, J., 2012, "Metodologi Penelitian", Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Nurrokhman, A. (2019). Analisis Pengambilan Keputusan Pemasaran Produk Ayam Rempah dengan Metode Analisis Competitive Profile Matriks di Kawasan Kuliner Tmp Kalibata. JITMI (Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri), 1(2), 171-179.

Nugroho, A.A., 2008, "Manajemen Informasi", Graha Cipta, Jakarta.

Poerwandari, E. Kristi, 1998, “Pendekatan Kualitatif dalam enelitian Psikologiâ€, LPSP3 Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, Jakarta.

Raco, J. R , 2010, “Metode Penelitian Kualitatif (Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya)â€, PT. Garmedia Widiasaran Indonesia, Jakarta.

Rangkuti, Freddy. , 2009, “Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communicationâ€, Jakarta.

Riduwan., 2014, “Metode dan Teknik menyusun Tesisâ€, Alfabeta, Bandung.

Riduwan., 2014, “Metode dan Teknik menyusun Proposal Penelitianâ€, Alfabeta, Bandung.

Sillalahi, U., 2012, "Metode Penelitian Sosial", Cetakan Ketiga, Refika Aditama, Bandung.

Stanton, W.J., 2010, "Prinsip-Prinsip Pemasaran", Edisi ketujuh, Erlangga, Jakarta.

Sunarto, Kamanto, 2004, “Pengantar Sosiologiâ€, edisi ketiga, Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia, Jakarta.

Swasta, B., dan Handoko, 2010, "Manajemen Pemasaran Moderen", BPFE, Yogyakarta.

Shinta, A., 2011, "Manajemen Pemasaran", Cetakan Pertama, UB Press, Jakarta.

Supriyati, 2011, “Metodologi Penelitian†Labkat Pers, Bandung.

Tambunan, Tulus, 2008. “Ukuran daya saing Kopersai Dan UKMâ€, Jurnal Pusat Studi Industri dan UKM.

Tjiptono, F., 2000, “Manajemen Jasaâ€, Andi, Yogyakarta.

Tjiptono, F., 2008, “Manajemen Strategi", BPFE, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy, 2008, Strategi Pemasaran, Edisi ketiga, ANDI: Yogyakarta.

Tjiptono, F., 2013, “Service Manajemen Mewujudkan Layanan Prima", Andi, Yogyakarta.

Tjiptono, F., 2013, “Strategi Pemasaran", Edisi keempat, Andi, Yogyakarta

Tjiptono, F., 2015, “Strategi Pemasaran", Edisi 4, Andi, Yogyakarta

Winardi, 2000, “Kepemimpinan dalam Manajemenâ€, PT. Rineka Cipta, Jakarta

Downloads

Published

2022-08-31