ANALISIS PENERAPAN TOTAL PRODUCTIVE MAINTENANCE (TPM) PADA MESIN CURING LINE A DENGAN METODE OVERALL EQUIPMENT EVECTIVENESS (OEE) DAN SIX BIG LOSSES DI PT. GAJAH TUNGGAL TBK

Authors

  • Mr Suryadi Universitas Pamulang
  • Edi Supriyadi Universitas Pamulang
  • Mrs Khairunnisa Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/tkg.v4i1.23826

Keywords:

Total Productive Maintenance (TPM), Overall Equipment Effectiveness (OEE), Six Big Losses

Abstract

PT. Gajah Tunggal Tbk mengalami masalah kondisi mesin tidak optimal. Sehingga menyebabkan hasil produksi tidak maksimal. oleh sebab itu peneliti menganalisa efektifitas mesin curing line  pada  periode  Januari  2020 sampai dengan Desember 2020. Peneliti berjudul “Analisis Penerapan Total Productive Maintenance (TPM) Pada Mesin CuringLine A Dengan Metode Overall Equipment Evectiveness (OEE) Dan Six Big Losses Di PT. Gajah Tunggal Tbk.†Hal ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kefektifan mesin dan mengetahui faktor penyebab ketidak efektifan mesin tersebut. Dalam penulisan ini, penulis berupaya menganalisis secara detail dengan menggunakan metode Overall Equipment Evectiveness (OEE) Dan Six Big Losses. Hasil penelitian yang dilakukan penulis menemukan tingkat keefektifan mesin dan beberapa faktor yang mempengaruhi mesin tidak efektif yaitu konsistensi, dan pengawasan operator di lapangan dan kebersihan di lingkungan kerja.

References

Ating Sudrajat, A. (2011). Pedoman Praktis Manajemen Perawatan Mesin Industri. Penerbit: Refika Aditama, bandung.

KURNIAWAN, Fajar. (2013). Manajemen perawatan industri. Penerbit: Graha Ilmu, Yogyakarta.

ATMAJA, Lingga Tiyas; SUPRIYADI, Edi; UTAMININGSIH, Sri. (2018). Analisis Efektivitas Mesin Pressing Ph-1400 Dengan Metode Overall Equipment Effectiveness (Oee) Di PT. Surya Siam Keramik. TEKNOLOGI: Jurnal Ilmiah dan Teknologi, 2018, 1.1: 35-42.

ANTHONY, Muhammad Bob. (2019). Analisis Penerapan Total Productive Maintenance (TPM) Menggunakan Overall Equipment Efectiveness (OEE) Dan Six Big Losses Pada Mesin Cold Leveller PT. KPS. JATI UNIK: Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri, 2019, 2.2: 94-103.

SULIANTORO, Hery, et al. (2017) Penerapan metode overall equipment effectiveness (OEE) dan fault tree analysis (FTA) untuk mengukur efektifitas mesin reng. J@ ti Undip: Jurnal Teknik Industri, 2017, 12.2: 105-118.

SIDDIQ, Muhammad; ATMAJI, Fransiskus Tatas Dwi; ALHILMAN, Judi. (2018).Usulan Penerapan Total Productive Maintenance (TPM) untuk Meningkatkan Efektivitas Mesin dengan Menggunakan Metode Overall Equipment Effectiveness (OEE) pada Plant Large Volume Parenteral PT Sanbe Farma Cimareme Unit III. eProceedings of Engineering, 2018, 5.2.

RAMADHANTY, Rd Aurelia Surya; BUDIASIH, Endang; ALHILMAN, Judi. (2020). Usulan Implementasi Total Productive Maintenance (tpm) Untuk Meningkatkan Efektivitas Mesin Splitting Pada Pt. Garut Makmur Perkasa Dengan Menggunakan Metode Overall Equipment Effectiveness (Oee). eProceedings of Engineering, 2020, 7.2.

Downloads

Published

2022-08-31