ANALISIS PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN KAPASITAS PRODUKSI SAMCOFENAC MENGGUNAKAN METODE AGGREGATE PLANNING UNTUK MEMENUHI PERMINTAAN DI PT. SAMCO FARMA

Authors

  • Yusup Purwanto Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/tkg.v4i1.24063

Keywords:

Peramalan, Agregat Planning, Level Workforce Plus Overtime

Abstract

PT. Samco Farma yang merupakan sebuah industri farmasi di Indonesia memiliki permasalahan dalam memenuhi permintaan konsumen dikarenakan hasil produksi tidak seimbang dengan jumlah permintaan. Penelitian ini bertujuan untuk membantu perusahaan dalam menentukan strategi yang tepat untuk perencanaan dan pengendalian kapasitas produksi dengan menggunakan metode Aggregate Planning.  Aggregate Planning merupakan salah satu metode perhitungan yang tepat untuk mengetahui perencanaan produksi (Kristinawati, 2000). Metode yang digunakan dalam perencanaan kebutuhan kapasitas produksi adalah metode level workforce plus overtime strategy, dan peramalan permintaan konsumen menggunakan model weighted moving average (WMA). Dari hasil perhitungan yang dilakukan, peramalan Metode Rata-Rata Bergerak Terbobot (bobot 4) merupakan metode peramalan paling akurat untuk digunakan. Analisa perencanaan dan pengendalian kapasitas produksi dengan menggunakan metode Agregat Planning dalam penelitian ini menggunakan strategi Level workforce, Chase Strategy, dan Level Workorce Plus Overtime. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan peneliti, strategi Level Workorce Plus Overtime menghasilkan total biaya produksi terkecil dengan jumlah Rp.433.522.556 dan memperoleh keuntungan dengan jumlah Rp. 48.410.377.444. Kesimpulannya, perencanaan dan pengendalian kapasitas poduksi menggunakan strategi level workforce plus overtime dengan biaya produksi yang terkecil.

References

Agustini D. H & Rahmadani Y. E. (2004). Riset Operasional. PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Allesandra Andri Putri. (2018). Perencanaan Agregat Untuk Produksi Kapur Kalsium Karbonat Di CV Karya Mekar Dalam Meminimalisir Biaya Produksi. Universitas Katolik Parahayang.

Atika Khoirunisa & Trio Yonathan T.K. (2017). Perencanaan dan Pengendalian Produksi Dengan Metode Agregat Planning Di C-Maxi Alloycast. Jurnal Teknik Industri. Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Badan POM. (2012). Pedoman Cara Pembuatan Obat Yang Baik. Jakarta: Badan Pengawas Obat dan Makanan RI. Halaman 1-85.

Baroto & Teguh. (2002). Perencanaan dan Pengendalian Produksi. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Danang, Sunyoto. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. PT Buku Seru, Jakarta.

Dede Hikmatulloh. (2017). Penerapan Perencanaan Agregat (Agregat Planning) Untuk Meningkatkan Efesiensi Biaya Produksi Kaos Di CV. Mutia Haura Sakti Bandung. Universitas Pasundan Bandung.

Erin Wahyu Kurniasari. (2018). Analisa Perencanaan Agregrat Dengan Menggunakan Metode Transportasi (Studi Kasus CV. Dwi Jaya Abadi). Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Esa Rahmadona & Gesit Thabrani. (2019). Analisa Perencanaan Agregat Dengan Metode Heuristik. Jurnal Kajian Manajemen dan Wirausaha. Vol 1 No. 3. Universitas Negeri Padang.

Gaspersz, Vincent. 2012. All In One: Production and Inventory Management. Edisi 8. Bogor: Vinchristo Publication

Ginting & Romani. (2007). Sistem Produksi. Edisi Pertama. PT. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Gotisudarmo & Indriyo. (1998). Sistem Perencanaan dan Pengendalian Produksi. UGM, Yogyakarta.

Handoko, H. (1984). Dasar-Dasar Manajemen Produksi dan Operasi. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Heizer, Jay dan Barry Rander. 2014. Manajemen Operasi, Manajemen Keberlangsungan dan Rantai Pasokan. Edisi 11. Diterjemahkan Oleh: Kurnia, Hirson, Saraswati. R, Wijaya David. Salemba Empat. Jakarta

Herjanto & Edi. (2007). Manajemen Operasi. Grasindo. Jakarta.

Murdifin, Haming dan Mahfud Nurnajamuddin. 2014. Manajemen Produksi Modern, Operasi Manufaktur dan Jasa. Buku kesatu. PT. Bumu Aksara. Jakarta.

Nasution, Arman Hakim & Prasetyawan, Yudha. (2008). Perencanaan dan Pengendalian Produksi. Graham Ilmu, Yogyakarta.

Nasution & Arman Hakim. (2008). Perencanaan dan Pengendalian Produksi. Andi Offset. Yogyakarta.

Nisa Meilasani. (2019). Peramalan dan Perencanaan Agregat Produk Kul Kul Lollypop grape Berries 50 ml Dan bulk Regular 8.0 lt Neapolitan Pada PT. Indolakto (Ice cream Factory). Politeknik APP Jakarta

Schroeder & Roger G. (1989). Manajemen Operasi, Decision Making in the Operations Function. Edisi ketiga. Erlangga. Mc Graw-Hill, Inc.

Sofyan, Diana Khairani. 2013. Perencanaan dan Pengendalian Produksi. Edisi Pertama. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Stevenson, William J, dkk. (2014). Manajemen Operasi: Perspektif Asia. Edisi 11. Diterjemahkan Oleh: Angelica, Diana, Wijaya, dkk. Salemba Empat. Jakarta.

Downloads

Published

2022-08-31