MENINGKATKAN KUALITAS PRODUKSI DO IT CHOCOLATE DENGAN MENGGUNAKAN METODE SEVEN TOOLS DAN FMEA (FAILURE MODE AND EFFECT ANALISYS) DI CV. SAMUDRA AL FATH

Authors

  • Danil Ramdani Universitas Pamulang
  • Adi Candra Universitas Pamulang
  • Iip Muhlisin Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/tkg.v5i2.31751

Keywords:

Seven Tools, CV. Samudra Al Fath, FMEA (Failure Mode Effect and Analisys)

Abstract

CV. Samudra Al fath yang merupakan perusahaan produksi pembuatan coklat sering nya terjadi kegagalan proses produksi pada pembuatan coklat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang menyebabkan defect Do It Chocolate di CV. Samudra Al Fath. dengan ini perlunya menerapkan metode agar proses produksi berjalan sesuai dengan keinginan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode FMEA (Failure Mode Effect Analysis) yang bertujuan untuk mengidentifikasi penyebab terjadinya defect melalui metode Seven Tools agar dapat mendeskripsikan usulan rencana perbaikan. Dari hasil analisa dengan menggunakan metode Seven Tools yang terdiri dari lembar periksa (chek sheet), histogram, diagram pareto, peta kendali, peta diagram sebab akibat (fishbone) untuk mengetahui penyebab cacat agar dapat diusulkan melalui metode FMEA perbaikan untuk menurunkan kecacatan expire baku do it chocolate di CV. Samudra Alfath yaitu memperbaiki SOP yang dibuat sesuai observasi di lapangan, kepekaan terhadap perawatan mandiri pada setiap mesin agar terbaca oleh operator, pengawasan terhadap operator secara maksimal dan untuk FMEA yang meliputi perbaikan untuk penggunaan mesin kurang optimal, cara persettingan kedisiplinan dan kemampuan operator(.Faktor manusia),dan untuk memenuhi spesifikasi produk (Faktor Material).

References

Anugrah, N. R., Fitria, L., & Desrianty, A. 2015. Usulan Perbaikan Kualitas Produk Menggunakan Metode Fault Tree Analysis (FTA) Dan Failure Mode And Effect Analysis (FMEA) Di Pabrik Roti Bariton. Reka Integra, 5(1): 146-157.

Akbar, M. R., Subekti, A., & Dhani, M. R. (2018). Identifikasi Bahaya Dengan Menggunakan Metode Fmea Pada Mesin Evaporator Di Pabrik Gula.Proceeding 2nd Conference on Safety Engineering and Its Application, 2(1),779–782.

Damar. (2018). Analisis Perbaikan Proses Produksi Pada Pt Sumber Teknik Sentosa. Manajemen Bisnis Volume 8 No. 01 April 2018, 19-28.

Hermawan, A. (2012). Analisis Defect Pada Proses Produksi Dengan Metode Qcc (Quality Control Circle) Dan Seven Tools Di Pt. Hilon Surabaya (Studi Kasus Finishing Produk Matras).

Hisprastin, Yasarah, & Musfiroh, Ida. (2021). Ishikawa Diagram Dan. Artikel Mini Review, 6(1), 1–9.

Indri, C. (2012). Pengendalian Kualitas Produk Cacat Dengan Pendekatan Kaizen Dan Analisis Masalah Dengan Seven Tools Jurnal Teknik Industri Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta, Vol 3 No. 3, November 2012.Anugrah, R. N., Fitria, L., & Desrianty, A. (2015).

Jenggawah, N., S. Pada, K. Berpikir, K. Dan, And M. Belajar. " Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember Jember Digital Jember Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember." (2010): 68-74.

Kusnadi. 2012 Tentang 7 New Quality Tools, Https://Eriskusnadi.Wordpress.Com/A uthor/Erisk Usnadi/ (Diakses 1 November 2015).

Noerpratomo. (2018). Pengaruh Persediaan Bahan Baku Dan Proses Produksi Terhadap Kualitas Produk Di Cv. Banyu Biru Connection. (Almana) Vol. 2 No. 2/Agustus 2018, 20-30.

Usulan Perbaikan Kualitas Produk Menggunakan Metode Fault Tree Analysis ( Fta ) Dan Failure Mode and Effect. Jurnal Online Institut Teknologi Nasional Jurusan Teknik Industri Itenas, 03, 146–157.

Ramadhan. (2013). Tampilan Produksi Susu Dan Kadar Lemak Susu Kambing. Animal Agriculture Journal, Vol. 2. No. 1, 2013, 54-60.

Rachman, Taufiqur. 2012.

Metode/Teknik/Alat-Alat Kualitas, Analisis Penyimpangan, Dan Process Capability. Jakarta.

Sepsarianto, R. (2013). Analisis Masalah 7 Tools. URL: Http://Www. Scribd. Com/Doc/

Analisis-Masalah-7- Tools (13 Agustus 2013).

Published

2023-10-02