Sosialisasi Kiat Menabung Yang Tepat Guna Menghadapi Issue Resesi Global Pada Rumah Inspirasi Cahaya Hati Tajur Halang Bogor

Authors

  • Yofi Yofi Universitas Sutomo
  • Hasanudin Hasanudin Universitas Sutomo
  • Cristine Prestarika Lukito Universitas Sutomo

Keywords:

Sosialisasi kiat menabung, Resesi global

Abstract

Tujuan pelaksanaan dari PKM ini adalah memberikan pengetahuan kepada santriawan dan santriwati pada rumah inspirasi cahaya hati (rich) untuk mengetahui bagaimana cara menabung sejak usia muda dan memilih jenis tabungan yang sesuai dengan kemampuan ekonomi di kalangan remaja. Tujuan utamanya yaitu memberikan pemahaman, pengarahan dan pengetahuan kepada para peserta mengenai pentingnya sosialisasi pelatihan dan penyuluhan tentang kiat menabung yang tepat guna menghadapi issue resesi global. Fenomena yang dihadapi oleh generasi muda atau dikenal dengan generasi milenial adalah kemudahan dalam mengakses teknologi namun tidak terlepas dari dampak negative teknologi tersebut. Dampak yang terjadi adalah kemudahan dalam mengakses segala informasi yang menjadikan generasi milenial terancam krisis anti social karea terlalu focus pada perangkat teknologi yang dimiliki dan menginginkan hal- hal yang mudah dan instan karena semuanya dibantu oleh perangkat teknologi. Untuk mengatasi dampak negative teknologi diperlukan kegiatan positif dengan memanfaatkan perangkat teknologi, salah satunya adalah sosialisasi kita menabung dengan aplikasi berbasis digital. Tim pelaksana melakukan kegiatan pemberian materi berupa pelatihan dan penyuluhan tentang cara atau kita menabung yang tepat guna menghadapi issue resesi global. Berdasarkan dari identifikasi awal ini maka pemberian pengetahuan dan keterampilan tentang manfaat menabung karena dengan adanya pengetahuan tersebut peserta di harapkan mampu mengaplikasikan kiat menabung yang tepat melalui dunia digital sehingga dapat memberikan keuntungan di masa mendatang. Tujuan utama dari pelatihan investasi ini adalah dapat memperluas ilmu pengetahuan tentang investasi keuangan yang dapat memberikan dampak positif di masa depan untuk para santriawan dan santriawati.

References

Abdillah, Willy, & Jogiyanto. (2015). Partial Least Square (PLS) Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. Edisi 1. Yogyakarta: ANDI.

Agus Harjito dan Martono, Manajemen Keuangan. Edisi Kedua, Cetakan Pertama, Penerbit EKONISIA, Yogyakarta, 2011.

Alamsyah, Virza Utama, dkk. 2021. Pelatihan Edukasi Manajemen Keuangan Dan Investasi di SMA Strada Bakti Wiyata. Jurnal Abdimas PHB Vol.4 No.1. Januari 2021.

Dewi G. A. K. R. S. dan Vijaya D. P. (2018). Investasi Dan Pasar Modal Indonesia.

Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Eduardus Tandelilin., 2017, Pasar Modal Manajemen Portofolio & Investasi, Depok: PT. Kanisius.

Kholishudin. 2020. Pengambilan Keputusan Investasi Generasi Y Terhadap Produk Tabungan Emas Di Pegadaian Syariah Cabang Babakan, Kota Surabaya. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ekonomi Islam. Vol. 8. Juli 2020.

Kurniasih, Farida. 2020. Prosedur Pelayanan Tabungan Emas Dalam Investasi Emas Pada PT. Pagadaian (PERSERO) Jember Cabang Tegal Broto. Universitas Jember.

Pamungkas, Ary Satria, dkk. 2019. Pelatihan Pengenalan Investasi Reksadana Untuk Pelajar Smk Ariya Metta. Keberlanjutan Program Pemberdayaan Masyarakat Era Revolusi Industri 4.0. Desember 2019.

Salim, Joko. 2010. Cara Gampang Bermain Saham. Jakarta: Visimedia

Published

2023-03-28

Issue

Section

Articles