PENGARUH PENGELOLAAN MOTIVASI DAN STRES TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengambarkan pengaruh motivasi dan stress terhadap belajar sisiwa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melibatkan 100 responden siswa SDN 03 Ciputat. Pengambilan sampel yang dilakukan menggunakan non probability sampling dimana setiap objek penelitian yang diambil tidak memiliki peluang yang sama untuk dijadikan sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Motivasi, dan Stres secara bersama-sama berpengaruh positif hal ini ditunjukkan dengan koefisien r = 0,888, r hitung lebih besar dari r tabel (0,888 >0,339). Koefisien determinan (r2) sebesar 0,789, ini berarti 78,9% dapat diketahui juga bahwa Motivasi memberikan sumbangan efektif 5,44%, serta ditunjukan dengan persamaan Y
=71,095+ 0,014X1 + 0,107X2 + 0,171X3.