PENGARUH PENGELOLAAN MOTIVASI DAN STRES TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

Authors

  • Arief Suci Kurniasihanto Universitas Pamulang

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengambarkan pengaruh motivasi dan stress terhadap belajar sisiwa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melibatkan 100 responden siswa SDN 03 Ciputat. Pengambilan sampel yang dilakukan menggunakan non probability sampling dimana setiap objek penelitian yang diambil tidak memiliki peluang yang sama untuk dijadikan sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Motivasi, dan Stres secara bersama-sama berpengaruh positif hal ini ditunjukkan dengan koefisien r = 0,888, r hitung lebih besar dari r tabel (0,888 >0,339). Koefisien determinan (r2) sebesar 0,789, ini berarti 78,9% dapat diketahui juga bahwa Motivasi memberikan sumbangan efektif 5,44%, serta ditunjukan dengan persamaan Y

=71,095+ 0,014X1 + 0,107X2 + 0,171X3.

Downloads

Published

2022-05-31

How to Cite

Arief Suci Kurniasihanto. (2022). PENGARUH PENGELOLAAN MOTIVASI DAN STRES TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA. Tadris: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 56–64. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Tadris/article/view/41263

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.