MANAJEMEN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui kondisi literasi digital siswa terkait hambatan dan solusi yang ditemuikan dalam pelaksanaan bimbingan terkait peningkatan literasi digital siswa di SMK Sandikta Kota Bekasi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan fenomenologis. Sumber data yaitu data primer bersumber dari kepala sekolah, guru BK, peserta didik. Sedangkan data sekunder diambil dari dokumen yang ada kaitannya dengan penelitian. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah peneliti sendiri yang berfungsi menetapkan dan memilih informan sebagai sumber data, analisis data, menafsirkan data, serta instrumen dalam mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan dan konseling diselenggarakan dengan pengelolaan yang sistematis mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan, yang dalam proses pengelolaan manajemennya dilakukan dengan mengedepankan kordinasi dan komunikasi oleh seluruh warga sekolah dalam mengintegrasikan pendidikan perilaku pada kegiatan sehari-hari. Manajemen bimbingan dan konseling meningkatkan literasi digital peserta didik dalam merancang tujuan, materi, strategi maupun evaluasi pembelajarannya.