PERANAN BUDAYA ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SMP DAYA UTAMA KOTA BEKASI

Authors

  • Ujang Tholib

Abstract

Penelitian bertujuan untuk peran budaya organisasi di SMP Daya Utama Kota Bekasi. Budaya organisasi di sekolah merupakan faktor yang mampu mendorong keberhasilan organisasi dalam proses belajar mengajar. Keberhasilan pembelajaran harus didukung dengan budaya organisasional yang kuat dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan pendekatan pedagogis. Sumber data yaitu data primer bersumber dari kepala sekolah, guru. Sedangkan data sekunder diambil dari dokumen yang ada kaitannya dengan penelitian. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah peneliti sendiri yang berfungsi menetapkan dan memilih informan sebagai sumber data, analisis data, menafsirkan data, serta instrumen dalam mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Upaya yang dapat dilakukan dalam peningkatan kompetensi profesional guru kaitannya dengan kesulitan dalam menyampaikan materi ajar.Untuk dapat menguasai materi ajar dengan mudah guru perlu memperbanyak membaca, mempelajari, mendalami dan mengkaji bahan ajar yang ada dalam buku teks maupun buku pelajar. Untuk mencapai hal tersebut upaya yang dapat dilakukan adalah (1) guru harus memiliki banyak buku referensi yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran di kelas, (2) guru harus diberi beban mengajar sesuai dengan keahliannya

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Ujang Tholib. (2022). PERANAN BUDAYA ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SMP DAYA UTAMA KOTA BEKASI. Tadris: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 52–64. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Tadris/article/view/41281

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.