TOTAL QUALITY MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU CAHAYA HATI KOTA BEKASI
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui program Total Quality Management di TKIT Cahaya Hati Kota Bekasi, kinerja guru di TKIT Cahaya Hati Kota Bekasi. Pelaksanaan Total Quality Management dalam meningkatkan kinerja guru pendidikan anak usia dini (PAUD) di TKIT Cahaya Hati Kota Bekasi, hambatan dan solusinya pelaksanaan Total Quality Management dalam meningkatkan kinerja guru di TKIT Cahaya Hati Kota Bekasi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan pedagogis, psikologis, sosiologis, dan teologis normatif. Sumber data yaitu data primer bersumber dari Ketua yayasan, kepala sekolah, guru TK, Orang tua peserta didik. Sedangkan data sekunder diambil dari dokumen yang ada kaitannya dengan penelitian. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah peneliti sendiri yang berfungsi menetapkan dan memilih informan sebagai sumber data, analisis data, menafsirkan data, serta instrumen dalam mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TQM di TKIT Cahaya Hati Kota Bekasi pengorganisasian dilaksanakan dengan baik. Program Total Quality Management di TKIT Cahaya Hati Kota Bekasi dilakukan secara professional sesuai prinsip- prinsip TQM, diantaranya 1) Berfokus kepada guru, 2) Keterlibatan orang-orang. 3) Pengukuran. 4) Pendidikan sebagai Sistem. 5) Perbaikan secara berkelanjutan sehingga berdampak pada kinerja guru di TKIT Cahaya Hati Kota Bekasi melalui wujud kualitas hasil kerja, ketepatan waktu menyelesaikan pekerjaan, kemampuan menyelesaikan pekerjaan, kemampuan membina kerjasama dengan pihak manapun.