STATEGI PENGEMBANGAN BISNIS BUDIDAYA TERNAK MUS MUSCULLUS SEBAGAI PELUANG USAHA UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT
Abstract
Obyek pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pada pemuda karang taruna Desa Pasir Ampo Kec. Kresek Kab.Tangerang - Banten, karena pengusul pengabdian kepada masyarakat melihat potensi dari sumber daya manusia yaitu pemuda karang taruna yang tidak bekerja pada sector formal sehingga dengan pelatihan ini diharapkan dapat menambah keterampilan serta sangat memungkinkan untuk dikembangkan guna membuka usaha kecil dan meningkatkan ekonomi masyarakat setempat. Tujuan dari Pelatihan strategi Pengembangan Bisnis Budidaya Ternak Mus Muscullus atau Mencit Sebagai Peluang Usaha Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat. yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sendiri dan dapat dipasarkan ke masyarakat sekitar atau bahkan ke pasar-pasar tradisional, sehingga dapat meningkatkan ekonomi secara langsung maupun dengan menggunakan media online.
Kata kunci:Budi daya, Tikus, Tikus putih
References
Abulkhair Abdullah. (2014). Mencit (Mus musculus) Sebagai Hewan Uji Coba.Makalah Farmasi FIS Universitas Islam Negri Alauddin Makassar.Tersedia: http://abulkhairabd.blogspot.co.id/2014/03/mencitmus-musculus-sebagai-hewan-coba.html
Purnomo, RA, (2016), Ekonomi Kreatif : Pilar Pembangunan Indonesia, p. 111;
Schuler L. 2006. Model animals and quantitative genetics. Makalah Kuliah Umum. Bogor (ID): Fakultas Peternakan IPB.
Siregar HCH, Asnath MF, Dwi JS, Salundik, dan Yuni C.E. 2009. Pengembangan Agribisnis Tikus putih (Rattus norvegicus)sebagai Unit Bisnis Kecil dan Mendukung Kegiatan Akademik di Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor. IPB E-Journal. Dapat diakses pada http//:repository.ipb.ac.id. [21 Januari 2014].
Kumar, Nirmalya, Lisa Scheer, and Philip Kotler. 2000. From Market Driven to Market Driving. European Management Journal. Volume 18, Issue 2.
Tjiptono, Fandy.1997. Prinsip-prinsip Total Quality Service. Andi Offset. Yogyakarta
Zuhrotun Nisak. (2013). Analisis SWOT untuk menentukan strategi kompetitif. Jurnal Ekbis Vo.9 No.2.
Irawan, Yeni; Diana; dan Marlina (2016) Optimalisasi Produksi dan Pemasaran Aksesoris Jilbab Dari Kain Perca di Desa Tambon Baru Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 22. No. 3