Pelatihan Pembuatan Minuman Nata De Aloe Sebagai Minuman Segar Pencegah Panas Dalam Untuk Meningkatkan Perekonomian dan Peluang UMKM di Desa Koper

Authors

  • Agus Nurrokhman Universitas Pamulang
  • Nova Wisnianingsih Universitas Pamulang
  • Niera Feblidiyanti Universitas Pamulang

Abstract

Abstrak/Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah yang pertama dengan memberikan edukasi mengenai pentingnya memiliki ketrampilan dalam upaya membangun ekonomi mandiri akan meningkatkan perekonomian di desa Koper, sedangkan yang kedua adalah untuk memberikan pelatihan pembuatan minuman nata de aloe sebagai minuman segar pencegah panas dalam agar dapat dibuat sendiri dan berinovasi sehingga dapat digunakan untuk membuka peluang usaha baru bagi UMKM desa Koper. Nata de aloe dibuat dari tanaman lidah buaya yang memiliki banyak manfaat diantaranya mencegah tanda penuaan, penyembuh luka, melembapkan kulit, menenangkan dan menghidrasi kulit, mengurangi stretch mark, mengurangi inflamasi atau peradangan, dll. Dalam PKM ini dilakuakan 3 tahapan, yang pertama adalah tahap pra pelatihan, yaitu dengan cara memberikan edukasi pengetahuan tentang peluang usaha dengan memanfaatkan sumberdaya alam yang tersedia disekitar dan mudah. Kedua, tahap pelatihan, yaitu dengan memberikan pelatihan pembuatan produk nata de aloe yang dapat dipraktekaan dengan mudah dengan metode yang sederhana secara sederhana disertai dengan contoh praktis yang mudah untuk dilakukan oleh para masyarakat desa Koper. Dan yang ketiga, Tahap evaluasi dengan melihat seberapa paham terhadap materi dan pelatihan yang telah diberikan.

 

Kata kunci: Manfaat Lidah Buaya, Produk Solusi, Nata de Aloe

References

DAFTAR PUSTAKA

Amelia, A. A. (2014). Pengaruh Pemberian Nata De Aloe Vera dalam Penurunan Kadar Gula Darah Pasien Diabetes Mellitus Tipe II di Wilayah Kerja Puskesmas Nanggalo Kota Padang Tahun 2014.

Heryadi, D., & Rofatin, B. (2021). PKM Peningkatan Nilai Tambah Produk Lidah Buaya Di Desa Bojongjengkol Kec. Indihiang Kota Tasikmalaya. Jurnal Abdimas, 24(2), 90-95.

Mulyono, A., Nurrokhman, A., Witono, A., Jawad, A. A., & Wisnianingsih, N. (2020). PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT BAKTI SOSIAL DAN PELATIHAN BUDIDAYA LELE DAN KANGKUNG SKALA RUMAH TANGGA DALAM MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Lokabmas Kreatif: Loyalitas Kreatifitas Abdi Masyarakat Kreatif, 1(3), 81-86.

Purwaningsih, D. (2016). Prospek dan Peluang Usaha Pengolahan Produk Aloe vera L. Jurdik Kimia, FMIPA UNY.[Internet].[Diakses 29/12/16]. Tersedia pada: http://staff. uny. ac. id/sites/default/files/tmp/makalah% 20lidah% 20buaya. pdf.

Rusanti, W. D., Rani, A. M., Sari, A. M., Sunardi, D., & Yustinah, Y. (2019, December). PELATIHAN PENINGKATAN PRODUK MAKANAN DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MELALUI PENGEMBANGAN PRODUK BERBAHAN DASAR ALOEVERA CILEUNGSI KIDUL, BOGOR, JAWA BARAT. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ.

Wisnianingsih, N., Nurrokhman, A., & Surasa, M. (2021). Pelatihan Pembuatan Gula Merah Cair Untuk Menambah Produk Pada Koperasi Selaras Hati Utama. ADIBRATA Jurnal, 2(1).

https://www.koper.desa.id/berita/detail/sambutan-dan-himbauan/portal-desa-digital-demi-kemajuan-desa

https://www.lifebuoy.co.id/semua-artikel/berita-kesehatan/segudang-manfaat-lidah-buaya-untuk-kulit.html

Downloads

Published

2022-04-30