PENYULUHAN FIQIH WANITA PADA SISWA SMPN 1 CISAUK TANGERANG

Authors

  • Fil Isnaeni Universitas Pamulang
  • Yenny Merinatul Hasanah Universitas Pamulang
  • Fatimah Fatimah Universitas Pamulang

Keywords:

Pemahaman, taharah, Siswa

Abstract

Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk memberikan pengenalan dan pemahaman taharah haid kepada siswi SMPN 1 Cisauk Tangerang. Setelah kegiatan sosialisasi diharapkan tidak bingung lagi terkait apa yang boleh dan tidak bileh dilakukan pada saat haid, selain itu siswi juga diharapkan dapat melakukan taharah haid yang benar sesuai dengan syariat islam. Sebelum kegiatan sosialisasi, tim melakukan wawancara dan observasi guna mengetahui kondisi di lapangan. Kegiatan sosialisadilakukan dalam 4 tahap, yakni pembukaan, penyampaian materi, tanya jawab, dan penutup.

References

Amalia, R., & Hasanah, U. (2019). Risalatul Mahid dan Relevansinya Pada Anak Usia Aqil Baliqh. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 2(2), 125– 137.

Arifin, A., & Apal, R. N. (2019). Peran Orangtua dalam Penguatan Pemahaman Remaja Putri tentang Fiqih Haid. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 124–140.

Fadhli, K., Azhari, A., Thohari, M. H., & Firmasyah, K. (2021). Peningkatan Pemahaman Haid melalui Kajian Fiqih Wanita di Desa Barong Sawahan. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 66–74.

Remmers, H. H., & Hackett, C. G. (1984). Memahami persoalan remaja. Bulan Bintang.

Romdlon, A. (2015). PEMAHAMAN TENTANG TAHARAH HAID NIFAS DAN ISTIHADAH: Studi Kasus Ibu-Ibu Jama’ah Muslimat Yayasan Masjid Darussalam Tropodo Sidoarjo. Justicia Islamica, 12(1).

Rosana, H. M. (2016). Ibadah Penuh Berkah Ketika Haid dan Nifas. Lembar Langit Indonesia.

Santrock, J. W. (2003). Adolescence. Perkembangan Remaja (keenam). Erlangga.

Saputra, A. R. (2014). PEMAHAMAN IBU-IBU TENTANG THAHARAH: Haid Nifas dan Istihadhah Studi Kasus Ibu-Ibu Jama’ah Muslimat Yayasan Masjid Darussalam Tropodo Sidoarjo. Kodifikasia, 8(1), 1–24.

Zuhaili, W. (2007). Fiqih Islam Wa Adilatuhu. Dar al-Fikr.

Downloads

Published

2022-12-08