LITERASI DIGITAL DALAM MENANGGULANGI PERUBAHAN SOSIAL PADA REMAJA

Authors

  • Yunus Yunus Universitas Pamulang
  • Nurrahmaniah Nurrahmaniah Universitas Pamulang

Keywords:

Literasi Digital, Penanggulangan, Sosial. Remaja

Abstract

Pergeseran dan perubahan pola perilaku dan kebiasaan individu saat ini intens terjadi salah satu aspek yang menyebabkan terjadinya perubahan tersebut  adalah Berkembangnya teknologi informasi,  di era ini membawa dampak yang cukup besar di seluruh dunia. Perkembangan dunia pada saat ini telah memasuki era revolusi industri 4.0, bahkan ada juga sebagian peneliti megatakan bahwa kita sudah di era Disrupsion 5.0 dimana bentuk kehidupan manusia telah berbasis informasi. Karena itu, dalam menyiapkan remaja yang berkualitas dan mampu bersaing secara global, serta menguasai perkembangan teknologi merupakan hal yang sangat penting untuk semua orang dan bagi masa depan suatu Bangsa dan Negara. Oleh karena itu literasi digital perlu dikembangkan dalam dunia pendidikan sekarang ini untuk membangun karakter bangsa yang lebih baik dan lebih siap menghadapi era pendidikan abad 21.

References

Desi, Y. P. (2020). Gerakan literasi digital berbasis sekolah: Implementasi dan strategi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 17(1), 51-59.

Fitri, F. (2022). Terpaan Media Instagram Pada Followers Klabinaria Subang:(Studi Deskriptif Kuantitatif Terpaan Media Instagram Pada Followers Klabinaria Subang). Journalism, Public Relation and Media Communication Studies Journal (JPRMEDCOM), 4(1).

Hamna, D. M. (2017). Eksistensi jurnalisme di era media sosial. Jurnal Jurnalisa, 3(1).

Kusumawardani, G., & Hanggoro, B. T. (2018). Media Sosial sebagai alternatif penyimpanan arsip digital pribadi. Jurnal Kearsipan, 13(2), 157-175.

Kusmanto, Heri, dan Warjio. Pentingnya Legalitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Malang: IAI Sunan Kalijogo Malang Press, 2020.

Masril, M., & Sitepu, Y. S. (2019). The wise provisioning of social media among the young people of Tanjung anom Village, Deli Serdang. ABDIMAS TALENTA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 477-485.

Yuwafik, M. H. (2020). ISLAM, MEDIA SOSIAL DAN MILENIAL: Penggunaan Grup Whatsapp Sebagai Media Komunikasi Remaja Islam Wonorejo Malang. IJoIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 1(01), 39-50.

Yuwita, Nurma, Sri Astutik, Siti Badriyatul, and Sri Rahayu. “Pendampingan Legalitas Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Melalui Sistem Online Single Submission Di Desa Lemahbang Kecamatan Sukorejoâ€. Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2, no. 1 (July 14, 2021): 41-48. Accessed July 30, 2021.

Downloads

Published

2022-12-08