Menumbuhkan Kreativitas Menulis Reportase dan Buku di Pondok Pesantren El-Alamia Bogor

Authors

  • Deni Darmawan Universitas Pamulang
  • Amaliyah Amaliyah Universitas Pamulang
  • Lukman Hakim Universitas Pamulang

Keywords:

Menumbuhkan, Kreativitas Menulis, Reportase, Buku.

Abstract

Tujuan kegiatan ini untuk menumbuhkan kreativitas menulis para guru dan santri El-Alamia dan bagaimana menulis reportase dan buku. Pemaparan disampaikan dengan metode ceramah, diskusi dan praktik menulis. Hasil dari kegiatan PKM, diharapkan guru dan santri bisa menumbuhkan kreativitas menulis dari berbagai hal, kapan saja dan dimana saja. Memanfaatkan teknologi untuk menulis di media massa dan website ponpes. Teknik menulis reportase dengan menggunakan 5W + 1H diawal paragraf. Menggunakan piramida terbalik. Mulai dari judul, lead, dan badan berita. Sedangkan menulis buku diawali dengan mencari tema/topik, menulis daftar pustaka, menulis konten sesuai daftar isi dan daftar pustaka, profile penulis dan sinopsis.

References

Alwasilah, A. C. (2001). Membenahi Pendidikan Bahasa di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Dan Seni, 2(2), 111–120.

Dinna Ririn Agustina, R. P. W. (2019). Peran Pendidikan Berbasis Higher Order Thinking Skills (Hots) Pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama di Era Society 5.0 Sebagai Penentu Kemajuan Bangsa Indonesia. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 7(2), 137. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v7i2.4779

Fahyuni, E. F., Arifin, M., & ... (2020). Gerakan Menulis Buku Siswa SMP Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Abdimas …, 3(2), 29–40. http://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/abdimas/article/view/1809

Febrianto, M. V. (2019). PKM Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Quran pada Lansia dengan Metode Qiro’ati di Rt 03. Rw. 01 Lingkungan Krajan Karang Kenek Kecamatan Situbondo Kabupaten Situbondo. Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 81–88. https://doi.org/10.31537/dedication.v3i2.235

Harista, E. (2018). Peningkatan Keterampilan Berbahasa melalui Teknik Reportase Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung. Mawa’Izh: Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan, 9(1), 40–56. https://doi.org/10.32923/maw.v9i1.714

Ikawati, E. (2013). Upaya meningkatkan minat membaca pada anak usia dini. Logaritma, I(02), 1. https://www.jurnal.uisu.ac.id/index.php/wahana/article/view/3564

Khoiruddin, M. A., & Lutfiana, L. (2021). Pengembangan Kreatifitas Menulis Santri Melalui Ngaji Jurnalistik Dipondok Pesantren. J-KIs: Jurnal Komunikasi Islam, 2(1), 51–62. https://doi.org/10.53429/j-kis.v2i1.209

Literasi, S., & Pesantren, D. I. (2019). Oleh : Herlina TESIS.

Mulyati, S., & Sukmawijaya, A. A. (2013). Meningkatkan Kreativitas pada Anak. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, 2(2), 124–129. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/7863

Nursalim, M. P., Risnawati, E., & Mubarok, Z. (2020). Penulisan Kreatif (Issue 1). unpampress@unpam.@ac.id

Pujiati, D., Basyar, M. A. K., & Wijayanti, A. (2022). Analisis Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 5(1), 57–68. https://doi.org/10.24256/pijies.v5i1.2615

Downloads

Published

2022-12-08