PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN MELALUI POWER POINT BAGI GURU SDN BENDA BARU 03 PAMULANG
Keywords:
Pembelajaran, power point, videoAbstract
Perkembangan teknologi dan informasi pada masa pandemic covid-19 mengharuskan pendidik dalam proses pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi komputer. Siswa diharapkan dapat memperoleh informasi dari berbagai sumber termasuk dari guru, sehingga guru dituntut untuk dapat membimbing siswa mampu memperoleh informasi dengan baik. Informasi yang diperoleh siswa dalam pembelajar diantaranya adalah pengetahuan. Pengetahuan yang berupa logika dan fisik tidak dapat ditransfer secara utuh dari pikiran guru kepikiran siswa. Penggunaan media pembelajaran power point interaktif untuk membuat media pembelajaran video masih belum di maksimalkan oleh pendidik dan tenaga kependidikan di lingkungan SDN Benda baru 03 Pamulang, Pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan guru untuk membuat video pembelajaran bagi kebutuhan siswa didiknya. Pelatihan ini diikuti oleh 20 guru SDN Benda baru 03 Pamulang dengan materi pembuatan video pembelajaran menggunakan power point, Ketika selesai pelatihan diadakan evaluasi, dan diberikan pendampingan untuk melihat penerapan dan ketercapaian dari pelatihan dalam pembuatan media pembelajaran.
References
Amalia, I. (2020). Menggunakan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(1), 36-39.
Arsyad, A. (2002). Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid19. Lampuhyang, 11(2), 13-25.
Hasanah, N. (2020). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Microsoft Power Point Sebagai Media Pembelajaran pada Guru SD Negeri 050763 Gebang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 34–41.
Kamil, Mustofa. 2007. Model Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: Alfabeta
Rohani, A. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta