PENYULUHAN KEPADA ORANG TUA TENTANG BIJAK MENGENALKAN SEMARTPHONE PADA ANAK
Keywords:
Smartphone, anak, TK Yayasan Al Amin KediriAbstract
Permasalahan yang dialami orang tua saat ini adalah menjadi orang tua yang bijak mengenalkan smartphone pada anak. Hal inilah yang membuat orang tua dilematis untuk memberikan fasilitas smartphone pada anak atau tidak. Karena ada dua pengaruh yang akan muncul apabila orang tua memberikan fasilitas smartphone pada anak. Yang pertama, pengaruh positif yaitu mendukung kegiatan pembelajaran daring dimasa pandemi seperti saat ini, Pengaruh yang kedua adalah pengaruh negatif, yaitu anak kurang mengeksplorasi lingkungan fisik, anak sulit berinteraksi social, anak mudah emosi dan penurunan daya ingat Pada kegiatan pengabdian ini akan dilakukan penyuluhan kepada orang tua tentang bijak mengenalkan smartphone pada anak. Sasaran pengabdian ini adalah orang tua Taman Kanak-kanak / TK Yayasan Al Amin Kediri dan dilakukan pada tanggal 12 Nopember 2019. Materi dan pendampingan tentang bijak mengenalkan smartphone pada anak dapat menghasilkan pengetahuan dan wawasan kepada orang tua bagaimana cara bijak mengenalkan smartphone pada anak. Cara bijak mengenalkan smartphone pada anak yaitu memberi alokasi waktu bagi anak dalam bermain smartphone, menjadikan smartphone sebagai sarana belajar yang berisi aplikasi edukatif, memberi pendampingan pada anak saat menggunakan smartphone, dan selektif dalam memilih smartphone untuk anak.
References
Houtsuite. (2018). Digital in 2018: Asia Pacific. Diambil 25 April 2021, dari https://hootsuite.com/resources/digital-in-2018-apac#
Kementrian Komunikasi dan Informatika RI. (2015). Indonesia Raksasa Teknologi Digital Asia. Dalam www.kominfo.go.id Diakses 25 April 2021.
Marketer. (2014). 2 Billion Consumers Worldwide to Get Smart(phones) by 2016. Diambil 25 April 2021, dari https://www.emarketer.com/Article/2-
Billion-Consumers-WorldwideSmartphones-by-2016/1011694
Mashrah, H. T. (2017). The Impact of Adopting and Using Technology by Children. Journal of Education and Learning (EduLearn), 11(1), 35. https://doi.org/10.11591/edulearn.v11i1.5588 .
Rowan, C. (2014). 10 reasons why handheld devices should be banned for children under the age of 12. Huffington Post, 9.
Williams, B. K., & Sawyer, S. (2011). Using information technology: a practical introduction to computers and communications, 9the. New York: Mcgraw-Hill.
Wulandari, Primati, Y. (2016). Anak Asuhan Gadget. Dalam www.liputan6.com. Diakses Jakarta, diakses 25 April 2021
Yumarni, V. (2018). Pengaruh Gadget terhadap Tumbuh Kembang Anak Usia Dini AH-PIECE. In Al Hikmah Proceedings on Islamic Early Childhood Education (Vol. 1, hal. 293–300).
Zaini, M., & Soenarto, S. (2019). Persepsi orangtua terhadap hadirnya era teknologi digital di kalangan anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 254-264.