PENGUATAN LITERASI DIGITAL BAGI SANTRI DI PONDOK PESANTREN RAHMATUTTHOYIBAH AL IFLAHAH GUNUNG KALER TANGERANG

Authors

  • Nurjaya Nurjaya Universitas Pamulang

Keywords:

Literasi Digital, Santri

Abstract

Hadirnya teknologi digital membawa dampak pada pola pendidikan pesantren dan pola relasi antara pesantren dan masyarakat. Selain alasan efisiensi dalam belajar, akses informasi yang lebih luas, dunia digital memang menjadi sarana baru dalam memperoleh dan menyampaikan ide gagasan dan pendapat keagamaan. Akan tetapi banyak yang mengantisipasi hadirnya media di pesantren karena media digital juga memiliki dampak negatif. Di antaranya adalah mempengaruhi pola interaksi dan belajar para santri di mana tradisi muwajjahah (face to face/tatap muka) dalam belajar, tradisi istimbat (mencari referensi) lewat kitab-kitab turast akan digantikan dengan tradisi googling dan face to screen atau tradisi tatap layar. Dampak negatif ini bisa diminimalisir dengan adanya kemampuan literasi digital. Atas dasar itulah, maka dosen agama Universitas Pamulang melakukan bekerjasama dengan Ponpes Rahmatutthoyibah Al Iflahah jln Ki Cakung desa Kandawati kecamatan gunung Kaler kab Tangerang pada pengabdian kepada masyarakat (PKM) untuk memberikan penyuluhan pada santri dan dewan guru (ustadz) di lingkungan pesantren. Pelaksanaan PKM mewujudkan peran aktif dari kiprah perguruan tinggi langsung kepada masyarakat berkaitan dengan literasi digital pesantren. Metode pelaksanaan kegiatan Pengabdian kepada masyarakat bersifat pelatihan dan penyuluhan dengan integreting visual thinking method. Metode yang mengintegrasikan beberapa metode visual, ceramah, diskusi, berpikir, dan menemukan solusi yang dihadapi santri dalam proses belajar di pesantren.

References

Ahyar, Muzayyin. (2017). Islamic Clicktivism: Internet, Democarcy and Contemporary Islamic Activism in Surakarta. Studia Islamika Volume 24, Nomor 3.

Bagir, Haidar. (2015). Fundamentalisme Agama, Fenomena Kaum Urban. Jakarta, Republika.co.id, tertanggal 29 Mei 2015. Diakses pada 25 Januari 2019.

Hosen Nadirsyah. (2008). Online Fatwa in Indonesia: From Fatwa Shoping to Googling Kyai. Research gate.

Nurjanah, Ervina. (2018). Hubungan Literasi Digital dengan Kualitas Penggunaan E-Resources. Pesantren virtual.com Http://ejournal.undip.ac.id/index.php/lpustaka

Downloads

Published

2022-12-08