Penerapan Strategi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Tingkat Partisipasi Calon Peserta Didik pada SMA Negeri 10 Kota Tangerang Selatan
Keywords:
Teknologi Informasi, Strategi, Digital Marketing, PelatihanAbstract
Pada era gloalisasi perkembangan strategi digital marketing bisnis teknologi memberikan berbagai dampak yang signifikan, terutama dalam dunia pendidikan. Berbagai metode penyampaian materi dalam proses pembelajaran mengalami pergeseran. Dimana pada saat ini, sekolah umumnya sudah memiliki komputer bahkan jaringan internet yang baik. Hadirnya media penyampaian informasi dengan menggunakan teknologi informasi tentu saja sangat membantu agar pesan atau materi yang disampaikan dapat diterima dengan baik. Perkembangan pemasaran secara digital saat ini digunakan selain dalam bisnis juga dapat berguna untuk bidang pendidikan dengan berbagai macam media digunakan untuk menyampaikan materi, mulai dari papan tulis, dengan menggunakan website tetnunya lebih memudahkan siswa dalam hal berkreasi tentang ilmu yang didapatkan di sekolah bisa dapat langsung dituangkan dlaam bentuk tulisan. Media baru ini membantu menyediakan template yang dapat digunakan dengan mudah dan desain yang sangat menarik. Pemanfaatan ini tinggal mengasah kreatifitas sehingga dapat digunakan secara maksimal. Terdapat banyak situs yang memberikan layanan seperti pemasaran digital mulai dari yang gratis sampai dengan berbayar. Dengan desain yang beragam dan menarik, membuat strategi digital markeitng menjadi tidak membosankan. Dengan menggunakan aplikasi di beberpa media online, guru dan peserta didik dapat menginformasikan kepada dunia tentang ilmu pengetahuan, kreativitas, serta keterampilan yang akan didapatkan untuk peserta didik, sehingga strategi ini juga dapat dimanfaatkan dalam berbagai kesempatan. Pelaksanaan kegiatan pengabdian dibagi kedalam beberapa tim pengusul melakukan pendekatan dan sosialisasi tentang kegiatan yang akan dilaksanakan untuk menjalin kerjasama dengan pihak SMAN 10 Kota Tangerang Selatan.
References
Chaffey, D. & Patron, M. (2012). From Web Analytics to Digital Marketing Optimization: Increasing the Commercial Value of Digital Analytics. Journal of Direct, Data, and Digital Marketing Practice, 14(1), 30- 45.
Junadi, S. (2021). Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Kemampuan Kreatifitas Mahasiswa Pada Mata Kuliah English For Information Communication And Technology.
Kotler, P., Kartajaya, H., and Setiawan, I. (2017). Marketing 4.0: Moving from Traditional to Digital. Hoboken, NewJersey: JohnWiley& Sons, Inc.
M, M. (2014). Pemanfaatan Media Pembelajaran Untuk Peningkatan Kualitas Belajar Siswa. JURNAL KWANGSAN, Vol.2(1), 95-105.
Nurdiyansyah. (2014). Peluang dan Tantangan Pariwisata Indonesia. Alfabeta.
Pitana, I. G., & Diarta, I. K. S. (2019). Pengantar Ilmu Pariwisata. Andi Offset.
Putra, P. (2022, Agustus 22). Kemenkominfo Beri Pelatihan Digital ke 50 Ribu Peserta.
Pelangi. (2021, Oktober). Dipetik April 15 , 2022, dari https://www.canva.com/idLemahbang Kecamatan Sukorejoâ€. Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2, no. 1 (July 14, 2021): 41-48. Accessed July 30, 2021