PENDAMPINGAN USAHA SERVIS AC BAGI PEMUDA KARANG TARUNA DESA SARIMULYA

Authors

  • Ahsonul Anam Universitas Pamulang
  • Bambang Herlambang Universitas Pamulang
  • Budi Kaliwanto Universitas Pamulang
  • Deden Rosid Waltam Universitas Pamulang
  • Sunardi Sunardi

Abstract

Peluang usaha perbaikan AC bisa menjadi salah satu peluang usaha yang dapat dikembangkan dalam usaha karena perolehan keuntungan dari usaha ini juga sangat menjanjikan. Apalagi sekarang banyak perumahan baru yang dibangun, maka kebutuhan untuk servis AC semakin meningkat. Berdasarkan hasil observasi dan diskusi dengan kedua mitra terdapat beberapa masalah yang dihadapi baik dalam proses pemilihan lokasi, peralatan, desain usaha, proses eksekusi servis AC maupun pemasaran. Belum adanya pengetahuan teknologi servis AC yang memadai dan hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam menjalankan usaha servis AC membuat usaha servis AC dijalankan tanpa perencanaan dan pengawasan yang baik. Masalah lain adalah saat ini memasuki musim hujan sehingga mengganggu proses perbaikan AC. Masalah selanjutnya yang dihadapi mitra adalah masih mencampuradukkan antara uang hasil usaha dengan uang pribadi, sehingga manajemen usaha para mitra belum rapi. Solusi yang diusulkan atau ditawarkan dalam kegiatan PKM ini adalah sebagai berikut: 1. Aspek produksi : Sesuai dengan permasalahan yang dihadapi oleh kedua mitra maka solusi untuk aspek usaha antara lain: a. membuat panduan model mengenai manajemen mutu baik dalam proses pemilihan alat dan bahan serta proses servis AC. b. Dengan mengaplikasikan teknologi servis AC dengan alat yang lebih baik dibandingkan dengan alat biasa. 2. Aspek manajemen : Solusi yang ditawarkan kepada mitra adalah memberikan pelatihan manajemen bisnis/usaha meliputi perencanaan sampai pengendalian baik dalam aspek produksi ataupun manajemen. 3. Aspek kenyamanan dan kepuasan pelanggan : Solusi yang ditawarkan kepada mitra adalah memberikan strategi membuat kenyamanan dan kepuasan kepada pelanggan ketika melakukan servis AC, sehingga pelanggan tidak hanya sekali dalam melakukan perbaikan AC, namun akan kembali dan kembali lagi karena merasa nyaman dan puas dengan pelayanan. Mereka akan menjadi pelanggan yang setia, dan bahkan akan menjadi pelanggan yang akan menarik calon pelanggan lainnya. 

Kata kunci: Air Conditioning (AC), Bimbingan, Manajemen, Strategi, Usaha

References

Frank Kreith, Shan K. Wang, Paul Norton, 1999, Air Conditioning and Refrigeration Engineering, CRC Press, 6 Des 1999.

Frank Kreith, 1999, CRC Handbook of Thermal Engineering, CRC Press, 27 Des 1999

Margiono Abdillah, 2012, Perawatan dan Perbaikan Air Conditioner (AC) Split, YKT Publisher, Jakarta.

Kompas, Hingga 2025, Kebutuhan Rumah di Indonesia Tembus 30 Juta Unit

(https://money.kompas.com/read/2016/09/17/195151226/hingga.2025.kebutuhan.rumah.di.indonesia.tembus.30.juta.unit)

PPDPP. Menteri PUPR : “Kebutuhan perumahan di Indonesia masih tinggi†(https://ppdpp.id/menteri-puprkebutuhan-perumahan-di-indonesia-masih-tinggi/)

Raj P. Chhabra, 2017, CRC Handbook of Thermal

Downloads

Published

2021-12-09

How to Cite

Anam, A., Herlambang, B., Kaliwanto, B., Waltam, D. R., & Sunardi, S. (2021). PENDAMPINGAN USAHA SERVIS AC BAGI PEMUDA KARANG TARUNA DESA SARIMULYA. Garda: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 44–54. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/grd/article/view/15561

Issue

Section

Articles