PEMBUATAN PAPAN TULIS BAHAN MELAMIN UNTUK TPQ ASSHIDIQ DI DESA SURADITA KECAMATAN CISAUK KABUPATEN TANGERANG- BANTEN

Authors

  • Jaja Miharja Universitas Pamulang
  • Hery Adrial Universitas Pamulang
  • Heru Santosa Universitas Pamulang

Abstract

Papan tulis putih alias whiteboard telah populer sebagai salah satu barang wajib di perkantoran, kampus, studio, dan sekolah sejak tahun 1990-an, hampir 40 tahun setelah ditemukan oleh fotografer dan veteran Perang Korea, Martin Heit. Whiteboard dengan cepat menggeser popularitas papan tulis hitam (blackboard) karena mudah dihapus dan ditulisi, serta cocok untuk orang-orang yang menderita alergi debu atau serbuk kapur.Saat ini, penggunaan whiteboard relatif lebih disukai daripada blackboard.Papan melamin ialah papan plywood yang dilapisi dengan bahan melamin sehingga permukaannya licin dan mengkilap. Papan ini biasanya digunakan untuk keperluan dekorasi yakni memperindah tampilan suatu ruangan. Kebanyakan warna papan melamin adalah putih, tetapi ada pula papan yang berwarna hijau, biru, merah, dan krem. Proses pembuatan whiteboard dari papan melamin dapat dilakukan menggunakan alat bantu berupa mesin bor. Jadi setelah Anda membeli papan melamin berwarna putih, Anda bisa menempelkan papan tersebut ke salah satu dinding ruangan. Bor diperlukan untuk menancapkan fischer sebagai pegangan sekrup. Dengan biaya yang jauh lebih murah daripada harga whiteboard di pasaran, sekarang Anda pun sudah memiliki papan tulis putih buatan sendiri yang kualitasnya setara.Dengan pembahasan diatas disini penulis akan membuatkan papan tulis untuk TPQ ASSHIDIQ di Desa Suradita Kecamatan Cisauk Kabupaten Tangerang, yaitu dengan judul “Pembuatan Papan Tulis bahan Melamin Untuk  TPQ Asshidiq di Desa Suradita Kecamatan Cisauk Kabupaten Tangerang,â€, dengan maksud dan tujuan membantu siswa untuk proses pembelajaran sehari-hari. 

Kata kunci :Papan  tulis, Melamin, TPQ Asshidiq 

References

Yuliarty, P., Permana, T., & Pratama, A. (2008). Pengembangan Desain Produk Papan Tulis Dengan Metode Quality Function Deployment (QFD). Jurnal Ilmiah PASTI, 6, 1-13.

Saputra, Y. N. (2009). Mengoptimalkan Penggunaan Papan Tulis.

Sutiarso, S. (2020). Optimalisasi Penggunaan Papan Tulis Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.

https://pontren.com/2019/08/10/masalah-yang-dihadapi-dalam-pembelajaran-alquran-pada-tpq/

https://www.ketikanku.com/2017/10/cara-membuat-papan-tulis-spidol.html

hhttps://isibangunan.com/whiteboard.html

http://desa-suradita-indah.blogspot.com/p/profil-desa.html

https://kuliah.unpatti.ac.id/mod/page/view.php?id=58#:~:text=Error%20atau%20kesalahan%20adalah%

Downloads

Published

2023-06-20

How to Cite

Miharja, J., Adrial, H., & Santosa, H. (2023). PEMBUATAN PAPAN TULIS BAHAN MELAMIN UNTUK TPQ ASSHIDIQ DI DESA SURADITA KECAMATAN CISAUK KABUPATEN TANGERANG- BANTEN. Garda: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 85–91. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/grd/article/view/30875

Issue

Section

Articles