PROTOTIPE KETERSEDIAAN TEMPAT PARKIR DENGAN SISTEM IOT BERBASIS ANDROID

Authors

  • Marfin Marfin Teknik Elektro-Fakultas Teknik-Universitas Pamulang
  • Luki Utomo Teknik Elektro - UNPAM
  • Dwi Teguh Setiawan Teknik Elektro - UNPAM

DOI:

https://doi.org/10.32493/epic.v4i2.14193

Keywords:

prototype, internet of things, nodeMCU, android, blynk

Abstract

Bersamaan dengan bertambahnya volume kendaraan bermotor, maka kebutuhan akan lahan parkir otomatis meningkat. Karena pada umumnya, perjalanan menggunakan kendaraan bermotor akan berawal dan berakhir ditempat parkir. Tetapi, pertumbuhan kendaraan tersebut tidak dibarengi dengan penambahan ketersediaan tempat parkir dan pengaturan tempat parkir yang baik. Rata-rata durasi pemakaian kendaraan hanya 5% dalam satu hari, sedangkan pada 95% sisanya kendaraan akan ada di tempat parkir. Hal ini akan menjadi masalah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian yang membahas perancangan sebuah prototipe jaringan sensor nirkabel dengan kontrol nodemcu yang terintegrasi dengan Internet of Things (IoT). Blynk diaplikasikan pada sistem parkir yang termonitor dengan smartphone android. Sistem ini dirancang untuk memberikan kemudahan dalam mendapatkan informasi tempat parkir secara real time dan mampu menghitung jumlah kendaraan tanpa sensor tambahan. Dari hasil pengujian didapatkan rangkaian sensor inframerah dari semua slot parkir berfungsi dengan baik dimana rata–rata waktu sinkronisasi antara sensor dengan aplikasi smartphone dibawah 1 detik.

Kata kunci: prototipe; internet of things; nodeMCU; android; blynk

Author Biographies

Marfin Marfin, Teknik Elektro-Fakultas Teknik-Universitas Pamulang

SINTA ID : 6150128

Luki Utomo, Teknik Elektro - UNPAM

Teknik Elektro

Dwi Teguh Setiawan, Teknik Elektro - UNPAM

Teknik Elektro

Published

2021-12-30

How to Cite

Marfin, M., Utomo, L., & Setiawan, D. T. (2021). PROTOTIPE KETERSEDIAAN TEMPAT PARKIR DENGAN SISTEM IOT BERBASIS ANDROID. EPIC Journal of Electrical Power Instrumentation and Control, 4(2), 140–148. https://doi.org/10.32493/epic.v4i2.14193

Issue

Section

ARTICLE